Pengunjung Batu Secret Zoo Jahil Semburkan Asap Vape ke Monyet

Tangkapan gambar (screenshot) video memperlihatkan seorang pengunjung mengembuskan asap vape kepada seekor monyet ekor merah di Batu Secret Zoo, Batu, Jawa Timur, pada Minggu, 29 Juli 2018.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Seorang wisatawan Batu Secret Zoo di Jawa Timur dikecam oleh pengelola kebun binatang itu dan warganet karena perbuatannya menyemburkan asap vape atau rokok elektrik kepada seekor primata Red tailed guenon atau monyet ekor merah.

Asosiasi Pede Tembakau Alternatif Punya Risiko Lebih Rendah dari Rokok Konvensional

Pengunjung kebun binatang yang belakangan diketahui bernama David itu melakukannya Minggu sore, 29 Juli 2018. Aksinya diabadikan dalam video fitur cerita di media sosial Instagram milik tunangannya. Setelah diunggah, video berdurasi 14 detik itu viral dan dikecam oleh warganet.

Manajemen Jatim Park Group sebagai pengelola Batu Secret Zoo mengaku telah menerima klarifikasi langsung dari David. Pria itu dikabarkan sudah meminta maaf melalui akun Instagram-nya dan akan menemui langsung otoritas Batu Secret Zoo untuk memohon maaf atas perbuatannya kepada publik.

Ditawari Jadi BA, Raffi Ahmad Justru Buat Produk Sendiri Setelah Lihat Peluangnya

"Hari ini rencananya akan meminta klarifikasi dan meminta maaf kepada seluruh masyarakat secara umum dan pengelola. Dia sudah meminta maaf di akun Instagram-nya, tapi juga akan meminta maaf secara langsung ke media," kata Marketing Manager and Public Relation Jatim Park Group, Titik S Ariyanto, di Malang pada Senin, 30 Juli 2018.

General manager Batu Secret Zoo Agus Mulyanto menyayangkan perbuatan David, apalagi primata itu ialah satwa asal Afrika yang termasuk kategori dilindungi.

Bea Cukai Copot Pegawai yang Terlibat Perdagangan Satwa Ilegal di Kalimantan

"Kita harus menyelamatkan satwa itu, karena ini primata langka dari Afrika. Dan perbuatan ini tidak patut dicontoh karena lembaga konservasi merupakan tempat terakhir mereka (monyet) diselamatkan," ujar Agus.

Manajemen Batu Secret Zoo masih menunggu permintaan maaf langsung dari David sebelum memberikan hukuman kepadanya. Namun satu hal yang pasti, manajemen berharap kejadian itu menjadi pelajaran bagi semua pihak agar melindungi satwa langka. Manajemen akan lebih memperketat larangan merokok bagi pengunjung kebun binatang.

Pada dasarnya, manajemen Batu Secret Zoo sudah menyediakan tempat khusus merokok di tempat-tempat tertentu di kebun binatang itu. Namun tak dapat dihindari bahwa ada saja pengunjung yang merokok termasuk mengisap vape, di dalam area koleksi satwa-satwa. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya