Jokowi Tak Segera Kunjungi Lombok karena Tak Mau Merepotkan

Presiden Jokowi saat melihat persiapan tim silat Indonesia.
Sumber :
  • Agus Rahmat

VIVA – Korban tewas akibat gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat diperkirakan akan terus bertambah. Tercatat sebanyak 89 orang meninggal dunia akibat bencana ini.

Apresiasi Timnas U-23, Presiden Jokowi: Tetap Semangat, Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024

Presiden Joko Widodo yang Senin pagi tadi melihat venue dan persiapan tim Pencak Silat Indonesia untuk Asian Games 2018 di Taman Mini Indonesia Indah, menyampaikan duka yang mendalam terhadap masyarakat di Lombok, NTB. Jokowi telah memerintahkan Menkopolhukam Wiranto, untuk mengkoordinasikan jajaran terkait untuk penanganan gempa.

Menurut Presiden Jokowi, dia belum bisa datang ke Lombok dalam waktu dekat. Mengingat masih dilakukan penanganan teknis. Ia mengaku, belum ingin merepotkan tim lapangan yang sedang bekerja.

Jokowi Teken UU Desa yang Baru, Kini Kepala Desa Dapat Uang Pensiun

"Kalau saya ke sana justru bisa mengganggu konsentrasi aparat yang sedang bekerja di lapangan. Saya akan cari waktu, yang pasti yang tidak mengganggu proses evakuasi," kata Jokowi, yang seminggu sebelumnya atau pada 30 Juli 2018 juga telah ke Nusa Tenggara Barat untuk meninjau korban gempa bumi di sana.

Penanganan bangunan-bangunan yang rusak, lanjut Jokowi, tetap akan menjadi perhatian serius pemerintah. Sama seperti saat gempa awal beberapa pekan lalu.

Tinjau Pasar di NTB, Jokowi: Harga Cabai Rawit hingga Bawang Merah Turun

Hanya saja, berapa nominalnya masih harus dihitung. Mengingat gempa yang terjadi kemarin, sangat besar yakni 7,0 SR.

"Saya kira kita akan melihat dulu keadaan di lapangan. Kemarin hanya 5 (SR) dan ini 7 (SR). Kita putuskan setelah melihat. Bahwa diberikan bantuan iya tapi jumlahnya belum," kata Jokowi. (ren)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menteri PUPR Basuki Lapor ke Jokowi Tidak Mau Maju di Pilkada Jakarta

Salah satu nama yang mencuat untuk diusung di Pilkada Jakarta pada November 2024, adalah Basuki Hadimuljono, yang saat ini menjabat sebagai Menteri PUPR periode 2019-2024

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024