RSPAD Siap Tes Kesehatan Capres dan Cawapres

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto siap melakukan tes kesehatan bagi calon presiden dan wakil presiden. Ketua KPU Arief Budiman menegaskan RSPAD sudah siap dari segi alat, dokter dan lokasinya.

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

Arief mengatakan, pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga sudah mempersiapkan tim kedokteran yang ditunjuk.

"Jadi, IDI juga sudah mempersiapkan tim dokter yang memeriksa. IDI mengharapkan pemeriksaan ini mencapai standar tertinggi pemeriksaan kesehatan di Indonesia," kata Arief di Jakarta, Rabu, 8 Agustus 2018.

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024

Pemeriksaan tes kesehatan untuk capres dan cawapres dijadwalkan berlangsung 5-13 Agustus 2018. Bagi calon presiden dan wakil presiden yang sudah resmi mendaftar, maka satu hari selanjutnya langsung menjalani pemeriksaan.

Arief memastikan, tim kedokteran yang memeriksa bukan dari tim dokter kepresidenan.

Harapan Prabowo Jelang Penetapan Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2024 di KPU

"Bukan (dokter kepresidenan). Tidak boleh itu," ujarnya.

Arief menyampaikan, penilaian terhadap tes kesehatan bersifat kumulatif. Artinya, dalam satu pemeriksaan belum memenuhi syarat, tim dokter akan berembuk, mengevaluasi secara keseluruhan.

"KPU mempercayakan sepenuhnya kepada tim pemeriksa untuk mengambil keputusan apakah paslon mampu melaksanakan tugasnya setelah terpilih," kata Arief. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya