Harimau Sumatera Gegerkan Permukiman, BKSDA Pasang Perangkap

Kambing untuk menjebak harimau di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.
Sumber :
  • Andri Mardiansyah

VIVA – Seekor harimau Sumatera kembali membuat geger warga. Kali ini, harimau menghebohkan masyarakat di kawasan Ngalau Baribuk, RT06 RW03, Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat. 

Penampakan 2 Bayi Harimau Sumatera yang Lahir di Kebun Binatang Amiens Metropole Prancis

Sejak dua hari lalu, warga setempat digegerkan oleh keberadaan seekor Harimau Sumatera yang memiliki nama latin Panthera Tigris itu. Bahkan, tak cuma menampakkan diri, tiga ekor kambing milik warga setempat, tak luput dari keganasan si Raja Rimba tersebut.

Menurut Plt Lurah Batu Gadang Erisman, keberadaan harimau Sumatera tersebut diketahui pertama kali oleh seorang warganya bernama Deri pada Sabtu pagi, 25 Agustus 2018. Saat itu, Deri mendapati dua ekor kambing miliknya mati dalam kandang dengan luka pada bagian leher.

Diduga Terkam 2 Warga di Langkat, Harimau yang Baru Dilepasliarkan Ditangkap Lagi

Penasaran, kata Erisman, Deri pun mencoba mencari tahu penyebab kematian dua ekor kambingnya. Saat mengitari area di sekitar kandang, Deri melihat harimau Sumatera tengah memangsa seekor kambing miliknya di balik semak belukar.

"Di dalam kandang itu ada tiga ekor kambing. Yang dua ditemukan mati dalam kandang, satu lagi di luar kandang. Matinya dimangsa Harimau," kata Erisman, Senin, 27 Agustus 2018

20 Polisi Ikut Perburuan Harimau Sumatera yang Terkam Warga Lampung Barat

Usai melihat harimau tengah memangsa kambingnya lanjut Erisman, Deri pun bergegas lari ke pemukiman untuk memberitahu hal itu kepada warga lain. Selang tak berapa lama, warga ditemani petugas kepolisian, mendatangi lokasi kejadian. Tiba di lokasi, warga pun hanya menemukan sisa tubuh kambing yang menjadi mangsa harimau itu. "Kita juga sudah lapor kejadian ini ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam," ujar Erisman.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Hutan BKSDA Sumbar, Zulmi Gusrul menyebutkan, usai mendapati laporan itu, pihaknya mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan monitoring. Mereka juga memastikan apakah benar ada harimau Sumatera yang masuk ke pemukiman.

BKSDA juga sudah memasang satu unit box trap dengan diisi umpan seekor kambing. Rencananya, siang ini, tim akan kembali lagi ke lokasi box trap untuk melihat kondisi. "Box trap sudah kami pasang. Siang ini kami akan cek lagi ke lokasi," ujar Zulmi.

Sebelumnya,  warga di RT 4 RW 3, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, dibuat geger lantaran ada seekor harimau Sumatera yang masuk pemukiman dan memangsa sejumlah ternak.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya