Berkuda, Cara Siswa Tinggi Polri Sinergi dengan TNI

Pasukan berkuda amankan Istana Negara
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA - Para siswa didik Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri memiliki cara tersendiri untuk membangun sinergitas dengan TNI. Salah satunya, belum lama ini, mereka mengunjungi Detasemen Kaveleri Berkuda (Denkavkud) TNI AD di Parongpong, Bandung.

Polisi Tak Bisa Sembarangan Periksa TNI, Begini Kata Polri

"Kalau sesuai dengan tema kami jadikan tingkat pimpinan yang profesional, modern dan terpercaya (promoter). Kemudian juga untuk meningkatkan kinerja kami harus bersinergi dengan semua komponen bangsa termasuk TNI," kata Kepala Sespimti Polri, Brigjen Joko Irianto, melalui siaran persnya, Selasa 28 Agustus 2018.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut merupakan pekan bersama antara Sesko TNI dan Sespimti dan Sespimen Polri sekaligus bentuk silaturahmi dan implementasi program-program pendidikan.

TNI-Polri Halau Massa Habib Rizieq di Perbatasan Depok-Jakarta

"Di samping itu, kami juga menjamin supaya bersinergi dengan TNI. Jadi tidak hanya operasional di lapangan, namun bidang pembinaan pendidikan ini juga kita ikut menindak lanjuti kebijakan pimpinan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, seluruh peserta didik Sespimti Polri juga diperkenalkan bagaimana memberlakukan kuda dan naik kuda termasuk operasional kuda di lapangan.

Viral Mapala Unimed dan Aparat Keamanan Bentrok

"Jadi kami menimba ilmu juga (di tempat) yang kami kunjungi. Ini sesuai arahan bapak presiden," kata dia.

Ia menambahkan kegiatan itu juga merupakan rangkaian dari arahan Presiden Joko Widodo yakni supaya bersinergi sehingga tidak ada batas-batas lagi antara TNI/Polri. Menurut dia, semua sama aparat keamanan untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Arahan bapak presiden agar TNI dan Polri itu tulang punggungnya supaya bisa bersinergi," tuturnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya