RI Manfaatkan Teknologi Jepang Deteksi Gempa di 90 Titik

Jalan rusak akibat gempa bumi di Lombok
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Indonesia memanfaatkan teknologi yang dikembangkan perusahaan Jepang, NEC, untuk mendeteksi terjadinya gempa bumi di 90 titik rawan gempa yang tersebar di banyak daerah.

Pemkab Garut Berlakukan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Menurut CEO NEC Corporation, Takashi Niino, penggunaan teknologi yang dikerjasamakan dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), akan terus ditingkatkan untuk membuat pendeteksian gempa di setiap wilayah di Indonesia semakin akurat.

"Saat ini, pemasangan alat untuk mengidentifikasi, mengukur getaran gempa sudah dilakukan di kurang lebih 90 titik," ujar Niino usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin 3 September 2018.

BPBD DKI Ungkap 3 Sumber Ancaman Gempa di Jakarta

Alat berfungsi seketika mengirim data melalui jaringan informasi kebencanaan saat getaran gempa bumi baru dimulai. Data cepat yang dikirimkan akan membuat pemerintah bisa dengan segera pula mengambil langkah tanggap darurat di lokasi bencana. "Proyek (pemasangan)-nya saat ini terus berjalan," ujar Niino.

Selain itu, NEC saat ini juga sedang menjajaki kemungkinan menawarkan teknologi lain ke pemerintah Indonesia, seperti sistem identifikasi pelat nomor kendaraan, hingga rekognisi wajah. NEC sendiri baru saja sukses menggunakan teknologi rekognisi wajah, bekerjasama dengan Kepolisian RI, untuk meredam aksi kejahatan di Asian Games XVIII/2018 di Jakarta dan Palembang.

Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa Garut Bertambah Jadi 110

"Banyak hal yang bisa dilakukan dengan teknologi kami," ujar Niishi.

Gempa Bumi Guncang Mataram NTB dan Bali

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Bali diguncang gempa bumi bermagnitudo 5,2 pada pukul 05:09 WIB, yang berpusat di 97 kilometer Barat Daya Lombok Barat NTB

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024