Wiranto: Target Teroris Ganggu Acara Skala Nasional

Menkopolhukam Wiranto (baju putih).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam, Wiranto mengungkap bahwa teroris di Indonesia memiliki fokus untuk mengganggu keberlangsungan perhelatan yang memiliki skala nasional.

Wiranto Sebut Hadi Tjahjanto Sosok Tepat Jadi Menko Polhukam, Paham Anatomi Ancaman

Salah satu perhelatan itu adalah Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Legislatif yang akan diselenggarakan secara bersamaan pada 2019.

"Sepanjang waktu mereka (teroris) merupakan ancaman. Makanya, salah satunya (Pemilu) kita masukkan juga (dalam prioritas pengamanan). Karena, itu termasuk event nasional, yang merupakan fokus mereka untuk coba mengganggu," ujar Wiranto dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengamanan Pemilu di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 13 September 2018.

Wiranto: Saya Sebagai Pembina TKN, Bersaksi Tak Ada Agenda Apalagi Rencanakan Kecurangan

Mantan Panglima TNI ini menyampaikan, ia memberi arahan kepada para perwira tinggi TNI-Polri peserta rakornas, untuk menyadari bahwa tanggung jawab mereka mengamankan Pemilu 2019, merupakan suatu tugas yang sangat strategis. Keberlangsungan bangsa selama lima tahun usai Pemilu, sangat tergantung kepada penyelenggaraan Pemilu yang aman dan sukses.

"Penyelenggaraan Pemilu itu harus akurat dari berbagai sisi, tetapi pengamanan ini juga sangat penting," ujar Wiranto.

Usai Nyekar ke Makam Orangtua, Prabowo Sempat Temui Wiranto dan Sampaikan Hal Ini

Menurut Wiranto, TNI-Polri harus memiliki kemampuan mendeteksi setiap potensi ancaman terhadap Pemilu. Usai itu, potensi itu harus dapat diredam. Sementara itu, jika ancaman terjadi, aparat pertahanan dan keamanan negara harus memastikan penanggulangannya berlangsung cepat sehingga gangguan berarti tak terjadi terhadap Pemilu.

"Kalau pun nanti ancaman itu menjadi nyata dan meluas, (harus dipikirkan) bagaimana cara untuk kita menyelesaikan masalah itu secara cepat, tegas, tidak melanggar hukum, tapi juga tidak menimbulkan keguncangan," ujar Wiranto.

Presiden Jokowi bersama Menteri Bermalam di IKN Nusantara

Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Wiranto bermalam di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis malam, 29 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024