Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

Presiden Jokowi bersama Menteri Bermalam di IKN Nusantara
Sumber :
  • Biro Pers Media Istana Kepresidenan

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermalam di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis malam, 29 Februari 2024. Memang, Jokowi ada sejumlah kegiatan groundbreaking di Kawasan IKN.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers Istana, Jokowi keluar dari kabin tempatnya bermalam untuk bergabung dengan para menteri yang sedang berkumpul.

Tampak hadir Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Presiden Jokowi bersama Sejumlah Menteri Kabinet Bermalam di IKN Nusantara

Photo :
  • Biro Pers Media Istana Kepresidenan

Selain itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono hingga Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Mereka berbincang hangat sambil menyantap hidangan yang disajikan, mulai dari barbeku hingga buah durian. Santap malam tersebut terasa makin hangat dan akrab dengan iringan musik. 

Dalam satu kesempatan, Pak Basuki tampil bermain drum bersama Panglima TNI yang bermain gitar. Sementara, Menteri Investasi Bahlil bernyanyi lagu "Titip Rindu Buat Ayah" karya Ebiet G. Ade yang menambah kehangatan malam itu.

Presiden Jokowi dan para menteri tampak menikmati malam itu dan melepas lelah setelah seharian melakukan sejumlah agenda kerja di IKN. Ridwan Kamil, Kurator Pembangunan IKN, mengatakan bahwa Presiden Jokowi selalu tampak sangat ceria jika sedang bermalam di IKN.

"Ini menandakan apa? Suasana, ada semangat optimisme melihat mimpi menjadi kenyataan, glampingnya juga di tengah hutan, kalau banyak pohon itu oksigen turun, jadi lebih rileks, ditemani orang-orang yang menghibur juga, ada Pak Bahlil, ada Pak Erick, saya kadang suka ngelucu juga, ternyata itu mahal,” kata Ridwan Kamil melalui keterangan pada Jumat, 1 Maret 2024.

Menurut Ridwan Kamil, ini merupakan pengalaman bersejarah baginya bisa berkumpul rileks dengan Presiden Jokowi di IKN Nusantara. "Memang mengurus negara itu berat, tapi harus ada momen-momen yang rileks. Bapak sering ketawa lepas, luar biasa. Jadi saya kira ini peristiwa bersejarah ada di memori saya," ucapnya.

Jokowi Nikmati Sarapan Rebusan di IKN

Pagi ini, Jokowi menikmati sarapan bersama menteri di area mereka bermalam. Presiden Jokowi tampak keluar dari kabinnya, lantas menyapa para menteri yang telah duduk berkeliling setengah lingkaran. 

"Selamat pagi semua," ujar Jokowi.

Setelah Jokowi duduk, rebusan dan sukun goreng disajikan oleh pramusaji Presiden. Tak ketinggalan, segelas teh hangat dihadirkan untuk melengkapi menu sarapan tersebut. Lalu, Jokowi menyantap sarapan sambil berbincang hangat dengan menteri.

Setelah sarapan, Jokowi melihat area IKN dari ketinggian sambil menikmati hangatnya mentari pagi. Tak berselang lama, Jokowi pun menaiki kendaraan yang telah disiapkan untuk kemudian mengawali rangkaian kegiatan kunjungan kerja hari ketiganya di Provinsi Kalimantan Timur. 

Presiden direncanakan melakukan peninjauan dan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah infrastruktur. Namun, Wiranto tidak terlihat pada pagi ini. Padahal, Wiranto ikut berkumpul bersama Presiden Jokowi pada Kamis malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya