Ajukan PK, Irman Gusman Bawa 3 Novum ke MA

Irman Gusman mengajukan peninjauan kembali kepada Mahkamah Agung.
Sumber :
  • Edwin Firdaus

VIVA – Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah, Irman Gusman, menyerahkan novum berupa tiga bukti baru, dalam sidang permohonan peninjauan kembali di Mahkamah Agung. "Insya Allah dikabulkan, mohon doanya saja," kata Irman di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu, 24 Oktober 2018.

Tak Sudi Dicoret KPU, Irman Gusman Ajukan Sengketa ke MK Minta Pileg DPD di Sumbar Diulang

Bukti pertama yang akan diajukan, menurut Irman, yakni surat pernyataan dari Memi, pemilik CV Semesta Berjaya. Dalam surat tersebut, Memi menerangkan bahwa pemberian Rp100 juta kepada Irman tidak diberitahukan sebelumnya kepada Irman.

Menurut  pengacara Irman, SF Marbun, Irman tidak mengetahui akan diberikan uang tersebut. Berdasarkan novum itu dapat disimpulkan, kliennya tidak pernah diberi tahu rencana kedatangan Memi ke Jakarta. Selain itu, tidak ada pembicaraan sebelumnya bahwa Irman akan mendapat uang hadiah Rp100 juta.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Novum kedua yakni, bukti Memi sudah memesan tiket ke Jakarta sebelum berniat meminta waktu bertemu Irman. Menurut pengacara, Memi ke Jakarta awalnya untuk menghadiri pernikahan, bukan untuk memberikan Rp100 juta kepada Irman.

Bukti baru ketiga, pengacara menunjukkan surat perintah setor yang menunjukkan, Perum Bulog hanya menyetujui penjualan gula dalam operasi pasar yang dilakukan CV Semesta Berjaya sebanyak 1.000 ton.

DKPP Jatuhkan Sanksi Peringatan Keras ke Ketua KPU

Irman Gusman divonis 4,5 tahun bui oleh majelis hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta, pada Februari 2017. Menurut majelis hakim, Irman terbukti menerima suap sebesar Rp100 juta dari Direktur CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto dan Memi.

Irman terbukti menggunakan pengaruhnya sebagai ketua DPD, untuk mengatur pemberian kuota gula impor dari Perum Bulog kepada perusahaan milik Xaveriandy.

Dalam persidangan, Irman terbukti bersedia membantu Memi dengan meminta keuntungan sebesar Rp300 dari setiap kilogram gula yang diberikan Perum Bulog.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya