Warga Poso Diharapkan Jangan Percayai Isu yang Tak Jelas

Ilustrasi Lokasi gempa darat Poso.
Sumber :
  • VIVA.co.id/BMKG

VIVA – Hari Sabtu, 3 November 2018, pukul 04.33.37 WIB, wilayah Kabupaten Poso diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,26 LS dan 120,48 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 33 km arah barat laut Kota Poso, Kabupaten Poso, Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.

Gempa Darat 4,7 SR Guncang Poso

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Sausu. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan jenis sesar turun (normal fault). 

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Poso dalam skala intensitas III MMI dan Palu dalam skala intensitas I-II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami

Poso Diguncang Gempa Darat 5,1 SR

Hingga pukul 05.47 WIB, Hasil monitoring BMKG telah tercatat adanya satu gempa bumi susulan (aftershock). BMKG meminta  kepada  masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Laporan: Firman Poso

Poso Diguncang Gempa Darat Lagi
Ilustrasi Lokasi gempa darat Poso.

Gempa 4,8 SR Guncang Poso, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Warga panik saat diguncang gempa.

img_title
VIVA.co.id
2 November 2018