KNKT Sebut Boeing Bakal Keluarkan Prosedur Baru Operasional 737 Max 8

Boeing 737 MAx 8
Sumber :
  • Dokumentasi Lion air.

VIVA – Kepala Sub Komite Penerbangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi Nurcahyo Utomo mengatakan, dalam waktu dekat pihak Boeing akan mengeluarkan prosedur baru terkait pemakaian pesawat jenis Boeing 737 Max 8.

Boeing Didenda Rp3 Triliun Terkait Tragedi 737 MAX

Hal itu menyusul kecelakaan pesawat jenis tersebut yang digunakan maskapai Lion Air pada penerbangan JT 610 rute Jakarta menuju Pangkaplinang awal pekan lalu. 

"Ini adalah hasil kerja sama kita hingga muncul prosedur baru ini," ujar dia di kantornya, Rabu 7 November 2018.

Kesimpulan Sementara KNKT Penyebab Kecelakaan Maut Bus di Bantul

Dia mengatakan, hal ini juga merupakan permintaan KNKT agar kejadian serupa tak terjadi pada pesawat jenis serupa. Apalagi, pesawat jenis itu ada sekitar 200 yang kini beroperasi di dunia.

"Dari data awal KNKT memandang bahwa Boeing perlu lakukan tindakan apa yang sudah terjadi pada masyarakat pengguna 737 Max 8 untuk melakukan perbaikan. Apa yang akan disampaikan ke Boeing draftnya sudah kita siapkan, sudah ada kesepakatan KNKT dan Boeing akan publikasi ke dunia ada prosedur baru," katanya.

Temuan KNKT pada Truk Maut di Balikpapan Bikin Terkejut

Prosedur baru ini sendiri, lanjutnya, didapat dari hasil investigasi pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh. Dia menjelaskan investigasi dilakukan bukan untuk mencari kesalahan, tapi pencegahan.

"Investigasi kita tidak untuk cari salah, tapi perbaikan. Mencegah lain hari kejadian serupa," tambahnya. 

Pesawat Boeing 737 Max

Alamak! Boeing Diguncang Skandal Baut Kemudi Pesawat 737 MAX Lepas

Badan Penerbangan Federal (FAA) AS mendesak maskapai penerbangan untuk memeriksa pesawat 737 MAX buatan Boeing menyusul temuan kemungkinan baut kemudi pesawat lepas

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023