Mahasiswa Demo Tuntut Polisi Tangkap Peleceh Baiq Nuril

Puluhan mahasiswa PMII berdemonstrasi di halaman Markas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat dan Kejaksaan Negeri di Mataram pada Jumat, 23 November 2018.
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA – Puluhan mahasiswa organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII berdemonstrasi di halaman Markas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat dan Kejaksaan Negeri di Mataram pada Jumat, 23 November 2018.

Kisah Wanita di Mataram, Korban Pelecehan Seksual Justru Dijerat UU ITE

Massa menuntut aparat meringkus HM, oknum kepala sekolah yang diduga melecehkan secara seksual Baiq Nuril. "Meskipun langit runtuh, keadilan harus tetap ditegakkan," ujar seorang mahasiswa dalam orasinya.

Mereka memasuki halaman Markas Polda NTB dan meminta polisi bekerja cepat mengusut kasus pelecehan yang menimpa Nuril. Lalu massa bergerak ke kantor Kejaksaan Negeri Mataram. Mereka mengecam Kejaksaan yang mengajukan kasasi atas vonis bebas Baiq Nuril.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

Massa sempat bersitegang dengan petugas keamanan atau sekuriti karena mereka memaksa masuk, sementara gerbang dikunci dari dalam. Massa pun menendang gerbang hingga terlibat kericuhan dengan petugas di sana.

Mahasiswa pun diterima masuk berdialog bersama Kepala Kejaksaan Negeri Mataram. Mereka menyampaikan tuntutan mereka yang menginginkan Nuril bebas dari jeratan hukum.

Soal Kasus Pencemaran Nama Baik yang Dilaporkan Pengelola ABC Ancol, Ini Kata Polisi

Kepala Kejakasaan Negeri, I Ketut Sumedana, meminta mahasiswa tetap mengawal kasus itu. Kejakasaan, menurutnya, telah berupaya meminta penundaan eksekusi Nuril sehingga eksekusi batal.

Mengenai kasus kasus pelecehan yang dilaporkan Nuril, Kejaksaan menunggu berkas Kepolisian. Ketut meminta mahasiswa, juga masyarakat umumnya, mengawal proses hukum itu. (ase)

Tokoh nasional Akbar Tanjung (tengah) usai menerima penghargaan Maestro Aktivis Nasional dari Forum Aktivis Nasional (FAN) dalam sebuah kegiatan bertajuk Tribute to Akbar Tandjung di kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu, 19 Mei 2024.

Dinilai Ikut Bentuk Sejarah Kebangsaan, Akbar Tanjung Dianugerahi 'Maestro Aktivis Nasional'

Akbar Tanjung dianugerahi penghargaan "Maestro Aktivis Nasional" oleh Forum Aktivis Nasional (FAN) dalam sebuah kegiatan bertajuk Tribute to Akbar Tandjung di Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024