Siap-siap, 20 Desember Pulau Jawa Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir

prakiraan cuaca di Indonesia. (Ilustrasi)
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprediksi, hujan lebat akan mengguyur beberapa daerah di Indonesia. Potensi hujan lebat yang disertai angin kencang dan kilat masih cukup tinggi. 

Tropical Cyclone: Knowing Cause of Indonesian Extreme Weather

Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca, Agie Wandala menjelaskan, potensi hujan masih berlangsung hingga akhir pekan. Prediksi seminggu ke depan, sebagian wilayah perairan akan terjadi hujan sedang.

"Beberapa daerah di kawasan Jawa Barat, Tengah, Timur, dan Sumatera intensitas curah hujannya masih cukup tinggi," ujar Agie pada VIVA di Gedung C, BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat 14 Desember 2018.

BNPB Turun Langsung Tangani 9 Wilayah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana

Agie menambahkan, perkiraan pada 20 Desember di kawasan Jawa mengalami hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Hujan yang disertai petir akan terjadi pada siang hari hingga sore hari.

Selain itu, puncak musim hujan akan jatuh pada bulan Februari mendatang dan berakhir di bulat Maret.

Mengenal Badai Siklon Tropis, Penyebab Cuaca Ekstrem di Indonesia

Kemudian, ia pun mengimbau untuk masyarakat yang berkendara selalu waspada melintasi jalanan yang licin dan berlumpur pada musim hujan. 

"Saya mengimbau untuk masyarakat selalu waspada, menyiapkan kendaraannya untuk ready atau siap pada saat melintasi jalanan licin dan berlumpur," ujarnya. (asp)

Laporan: Aldi Ardiansyah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya