BNPB Sebut Jalan Gubeng Ambles Akibat Pembangunan Basement RS Siloam

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB mengungkapkan, penyebab amblesnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya akibat kesalahan konstruksi pembangunan basement atau ruang bawah tanah Rumah Sakit Siloam yang berada di lokasi kejadian. 

Jalan Ambles di Kawasan Olimo Jakarta Barat, Polisi sebut Tidak Ada Pengalihan Arus

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Sutopo di kantornya, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu, 19 Desember 2018. 

"Kejadian amblesan disebabkan kesalahan konstruksi jadi adanya pekerjaan pembangunan basement rumah sakit, yang tidak menggunakan dinding penahan tanah retaining wall yang langsung berhadapan dengan jalan," ujar Sutopo. 

Jalan Ambles Ciawi-Sukabumi Makin Lebar, Jalur Ditutup Total

"Sehingga berpeluang menimbulkan dorongan tanah secara horizontal atau sliding pada area jalan sekitarnya," ujarnya menjelaskan. 

Apalagi, kata Sutopo, beban jalan Gubeng Surabaya karena pengaruh transportasi lalu lintas terus berjalan, apalagi jika musim penghujan sehingga tanah mudah sekali terjadinya pergeseran. 

Longsor di Kabupaten Semarang Meluas Hingga 16 Hektare, Jalan Ambles 30 Meter

"Itulah yang terjadi amblesan atau sliding tanah tadi mengarah ke galian basement tanah," ujarnya. 

Sutopo menuturkan, amblesnya Jalan Raya Gubeng Surabaya ke dalamnya mencapai 30 meter dan lebarnya mencapai delapan meter. Tanah di Raya Gubeng mendadak ambles pada Selasa malam, 18 Desember 2018, sekira pukul 21.45 WIB. (mus)

Kondisi saat jalan negara putus

Jalan Negara di Sepaku Ambles Dilintasi Truk Sawit, Jalur ke IKN Terputus

Akses jalan utama menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) putus total, pada Senin, 29 Januari 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024