Polisi Sebut Banyak Kerugian Negara akibat Jalan Gubeng Ambles

Polisi Klaim Temukan Petunjuk Pelanggara Insiden Jalan Gubeng Ambles
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Ada beberapa ketentuan Perundang-undangan dijadikan landasan oleh tim investigasi mengusut dugaan pelanggaran hukum pada insiden amblesnya jalan di Raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur, Selasa malam, 18 Desember 2018. Polisi masih mengumpulkan alat bukti dan keterangan untuk menguatkan konstruksi hukum adanya unsur pidana dalam kasus itu.

Jalan Negara di Sepaku Ambles Dilintasi Truk Sawit, Jalur ke IKN Terputus

"Salah satunya Undang-undang tentang Jalan Tahun 2004, juga kita landaskan pada Undang-undang Nomor 8/81 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana, kemudian Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, kemudian Undang-undang Bangunan dan Gedung," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Kombespol Frans Barung Mangera, di Surabaya, Jumat, 21 Desember 2018.

Dia menjelaskan, undang-undang itu jadi rujukan untuk merumuskan konstruksi hukum terjadinya perbuatan melawan hukum, sesuai hasil olah tempat kejadian perkara, alat bukti dari lokasi, dan keterangan saksi. Jumat ini, permintaan keterangan saksi dilakukan lagi sehingga total saksi yang dimintai keterangan lebih dari 34 orang. "Sudah ada 35 plus satu saksi dimintai keterangan," ujar Barung.

Jalan Ambles di Kawasan Olimo Jakarta Barat, Polisi sebut Tidak Ada Pengalihan Arus

Polisi Bilang Ada Kerugian Negara akibat Jalan Gubeng Ambles

Hal yang pasti, katanya, amblesnya jalan di Raya Gubeng diduga kuat akibat kelalaian kegiatan proyek basement atau parkir lahan di sisi kiri jalan yang ambles. Akibatnya, fasilitas publik berupa jalan raya dan pedestarian serta satu gedung milik negara, yakni gedung Bank Negara Indonesia di sisi kanan jalan, mengalami kerusakan. "Di situ ada kerugian negaranya," tandas Barung. 

Jalan Ambles Ciawi-Sukabumi Makin Lebar, Jalur Ditutup Total

Karena olah TKP selesai, papar Barung, Kepoliskan telah menyerahkan penanganan jalan ambles kepada tim recovery dan stakeholder terdampak. Recovery atau pemulihan jalan telah dimulai sejak Kamis sore kemarin, diawali pengurukan dan penimbunan lubang amblesan dengan material pasir dan batu. Tim menargetkan seminggu selesai.

Jalan raya runtuh pada Rabu pagi di Tiongkok selatan, Guangdong, 19 orang tewas

Jalan di Guangdong China Ambles 18 Meter, Puluhan Mobil Terperosok 24 Tewas

 Jalan raya di provinsi Guangdong, Tiongkok selatan, runtuh pada Rabu, 1 Mei 2024, pagi, yang menyebabkan sedikitnya 24 orang tewas dan 30 lainnya luka-luka.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024