Plt Kepala RSUD Serang Tak Tahu Ada Pungli Jasad Tsunami Selat Sunda 

Evakuasi Jenazah Korban Tsunami Selat Sunda
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA –  RSUD Serang diduga melakukan pungli jutaan rupiah terkait pengambilan jenazah korban tsunami Selat Sunda. Salah satu korbannya adalah sebuah keluarga asal Duren Sawit, Jakarta Timur, dengan tarif berbeda-beda.

Gunung Ruang di Sitaro Kembali Erupsi, PVMBG Minta Masyarakat Waspada Potensi Tsunami

"Kejadian (pungutan biaya) itu benar terjadi. Mungkin dipikirkan karena korban orang Jakarta, jadi akan mudah diminta uang," kata Badiamin Sinaga, salah satu keluarga korban, melalui sambungan telepon, Kamis, 27 Desember 2018.

Rumah sakit milik Pemkab Serang itu, meminta bayaran atas nama Ruspin Simbolon sebesar Rp3,9 juta untuk biaya pemulasaraan jenazah, formalin dan mobil jenazah. 

KPK Nonaktifkan Rutan POM AL dan Pomdam Jaya Guntur Buntut Kasus Pungli

Lalu jenazah bayi bernama Satria, dikenakan biaya Rp 800 ribu, untuk pemulasaraan jenazah dan formalin. Ada juga untuk jenazah atas nama Leo Manulang, dikenakan biaya Rp1,3 juta, untuk biaya pemulasaraan jenazah dan formalin.

"Ada kwitansinya. Jelas tertulis di situ (untuk bayar jenazah). Kalau hanya omong-omong kan tidak ada bukti," ujarnya menambahkan.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Pihak RSUD Serang mengaku tidak mengetahui adanya pungli mencapai jutaan rupiah itu. Plt Kepala RSUD Serang Sri Nurhayati mengatakan, seharusnya untuk mengurusi jenazah tidak dikenakan biaya. 

"Saya baru tahu. Harusnya tidak boleh ada pungutan. Tapi saya akan pastikan dulu," ujarnya. (mus)
 

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

Gunung Ruang Erupsi Lagi, BMKG Efektifkan Lima Stasiun Pendeteksi Tsunami

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus memantau dampak dari erupsi fase kedua Gunung Ruang, di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024