Awan Berbentuk Ombak Muncul di Makassar

Awan berbentuk ombak di langit Makassar.
Sumber :
  • VIVA/ Muhammad Yasir.

VIVA - Memasuki awal tahun baru 2019, fenomena awan menyerupai ombak terjadi di langit Kota Makassar. Hal itu tampak jelas di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa, 1 Januari 2019.

Hujan Diprakirakan Guyur Jakarta Sejak Pagi, Waspadai Hal ini

Peristiwa langka itu diketahui terjadi pagi hari, sekitar pukul 08.00 Wita. Awan yang bergerak dari Selatan ke Utara itu juga disertai hujan.

General Manager AirNav kantor cabang MATSC, Novy Pantaryanto, mengatakan jika fenomena awan itu tidak menganggu penerbangan di atas wilayah pengaturannya. Meski begitu, beberapa pesawat harus bertahan di atas sebelum mendarat.

5 Fenomena Bentuk Awan Unik Viral di Media Sosial

"Tadi pagi beberapa pesawat melakukan holding karena jarak pandang untuk mendarat berkurang sampai dengan 500 meter. Di mana jarak pandang minimal untuk pendaratan di Makassar itu 800 meter," katanya.

Kondisi berputar sebelum mendarat, kata Novy merupakan hal yang lazim terjadi di dunia penerbangan. Sampai pada batas tertentu, pilot akan memutuskan apakah tetap holding atau menuju bandara alternatif.

Penjelasan BMKG soal Awan Tsunami di Meulaboh Aceh Barat

"Hal ini sudah diantisipasi oleh pilot dengan membawa fuel seperti trip fuel ditambah holding fuel 45 menit serta fuel to alternate. Alhamdulillah tidak mengganggu penerbangan," katanya.

Awan mirip Ufo di langit Jayapura

Heboh Awan Ufo di Langit Jayapura Usai Gempa, Begini Penjelasan BMKG

Awan Ufo muncul di langit Jayapura, Papua, belum lama ini. Masyarakat mengaitkan foto awan Ufo itu dengan kejadian gempa Jayapura pada Kamis lalu

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2023