Ridwan Kamil Relokasi Korban Longsor Sukabumi jika Disetujui Sesepuh

Lokasi tanah longsor Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Senin, 31 Januari 2018.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa relokasi Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, akan dilaksanakan setelah ada kesepakatan hasil musyawarah masyarakat setempat.

Badai Ekstrem Landa Brasil, 10 Orang Tewas

Puluhan rumah di kampung itu tertimbun tanah akibat bencana longsor pada Senin, 31 Januari 2018. Sebanyak 33 orang meninggal dunia dan 3 orang luka-luka. Pemerintah berencana merelokasi permukiman masyarakat di sana.

“Sudah didiskusikan dengan kepala desa, ada beberapa lokasi. Jadi saya tunggu kabar dari kepala desa,” ujar Ridwan Kamil, Selasa, 8 Januari 2019.

Pemkab Garut Berlakukan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Menurutnya, kesepakatan relokasi permukiman sepenuhnya diserahkan kepada warga setempat karena wilayah itu adalah tanah adat.

“Kalau sudah diputuskan kita bangun kembali peradaban mereka yang terkendala. Belum rekonstruksi, lokasinya saja belum dipilih, jadi saya serahkan musyawarahnya kepada mereka karena tanah adat,” katanya.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Relokasi, katanya, tetap menjamin aspek kemasyarakatan daerah itu terjaga, terutama karena wilayah di sana adalah daerah kasepuhan. “Jadi tanpa minta ke pemerintah, mereka punya cadangan-cadangan tanah. Nanti konstruksi bangunannya dari kami,” ujarnya.

VIVA Militer: Prajurit Kopasgat TNI AU evakuasi korban banjir dan longsor Luwu

Helikopter Carakal TNI AU Dikerahkan Evakuasi Korban Banjir dan Tanah Longsor Kabupaten Luwu

Helikopter TNI AU itu diterjunkan untuk mengevakuasi ratusan orang dari tiga desa terisolir dampak banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Luwu

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024