Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Ilustrasi penanganan bencana
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan ASEAN untuk Manajemen Bencana (AHA Center) yang berbasis di Jakarta mengatakan bahwa kawasan ASEAN menghadapi 36 bencana pada minggu lalu termasuk banjir, tanah longsor, dan kejadian terkait badai angin. Dari seluruh kawasan ASEAN, negara yang paling terkena bencana yakni Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Badan Penanggulangan Bencana Indonesia, BNPB, merinci rangkaian bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang yang terjadi di beberapa wilayah seperti Bengkulu, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Selatan.

Ilustrasi pemetaan penanganan korban bencana alam

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

“Hujan deras yang berkepanjangan, angin kencang, dan meluapnya sungai memperburuk situasi, menyebabkan kerusakan dan pengungsian yang meluas, khususnya di Jawa Tengah," menurut AHA Center, dikutip dari The Sundaily, Kamis, 15 Februari 2024.

“Jumlah korban jiwa mencapai empat orang, satu orang terluka, dan kerusakan parah pada infrastruktur perumahan, pendidikan, keagamaan, dan publik, serta lahan pertanian,” lanjut AHA Center dalam laporan mingguannya.

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Malaysia (Nadma) juga melaporkan banjir di Pahang, sementara dewan penanggulangan bencana Filipina NDRRMC mendokumentasikan tanah longsor di bagian tenggara, Davao de Oro.

Ilustrasi/Penanganan bencana longsor

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Pada 10 Februari lalu, dewan tersebut melaporkan 33 korban jiwa, 89 orang hilang, 35 orang luka-luka, dan lebih dari 1.300 keluarga mengungsi di berbagai pusat evakuasi, dengan kerusakan properti yang parah.

Selain itu, Indonesia dan Filipina mencatat 12 gempa bumi signifikan dengan kekuatan di atas 5,0 Skala Richter, serta aktivitas gunung berapi yang teramati sebanyak delapan kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya