Longsor di Area Danau Toba Berulang Terjadi, Luhut Pimpin Rapat di DEL

Kawasan Wisata Danau Toba
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA – Tanah longsor terjadi di jembatan Kembar Pabrik Ganjang (Sidua-dua) di Jalan Kota Pematang Siantar-Parapat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, baru-baru ini. Hal ini menjadi perhatian Kementerian Kordinator (Kemenko) Kemaritiman.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama (Dirut) Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo. Ia mengatakan hal itu akan dibahas melalui rapat bersama pihak terkait dan bupati yang berada di kawasan danau Toba dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan. Pertemuan tersebut akan digelar di Institut Teknologi DEL di Kabupaten Toba Samosir, Jumat 11 Januari 2019.

"Kami mencoba cari permasalahan ini, kami melakukan investigasi untuk melihat semuanya. Hari Jumat akan dibahas di DEL bersama bapak Luhut," ucap Arie kepada wartawan di Medan, Sumut, Rabu 9 Januari 2019.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Arie mengatakan, dampak lingkungan berakhir dengan bencana alam akan bisa berdampak pada kunjungan wisatawan akan menurun ke danau Toba. Untuk itu, pemerintah pusat turun tangan untuk melihat permasalahannya dan mencari solusi penanganan tanah longsor tersebut.

"Selain itu, kami akan berbicara terkait dengan lingkungan, pertama kehutanan, kedua terkait jaring kerambah dan kualitas air," kata Arie.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Dalam catatan VIVA, longsor di lokasi yang sama sudah terjadi beberapa kali. Longsor pernah terjadi pada Selasa 18 Desember 2018 lalu. Dampak longsor itu, sejumlah kendaraan tertimpa material longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. 

Kemudian longsor terjadi Minggu 30 Desember 2018 dan Senin 31 Desember 2018 dan terakhir pada Kamis 3 Januari 2019.

Ketiga jasad korban longsor disemayamkan di rumah duka

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Ketiga korban longsor langsung disemayamkan di rumah duka sanak saudaranya. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024