Batal Bebas, Ba'asyir Masih Belum Penuhi Persyaratan Hukum

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/Puskom Kemhan-Juli Syawaludin

VIVA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu menegaskan, bila terpidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir mau bebas, harus berjanji tidak mengajak orang melawan negara. Ba'asyir tak bisa bebas begitu saja.

Prabowo Sebut Belum Tentu Maju Pilpres, Begini Kalimatnya

"Kalau dia memang harus berjanji, ada perjanjian dong. Tidak menyebarkan macam-macam seperti dulu, mengajak orang berbuat melawan negara. Ada syarat juga, enggak bebas begitu saja," kata Ryamizard di gedung DPR, Jakarta, Rabu 23 Januari 2019.

Ia pun pernah menyampaikan hal ini pada keluarga Ba'asyir. Lalu, keluarganya mengiyakan. Pemerintah sebenarnya sudah toleran, karena melihat Ba'asyir sudah tua dan lama di penjara.

Penampilan Menhan Prabowo Subianto Berbaju Brimob Polri

"Dengan rasa kemanusiaan Presiden, biar saja dia di rumah dengan keluarganya, bukan mendoakan dia cepat sakit berat, enggak. Biar dia berkumpul dengan orang rumah, cucunya, anaknya di masa tuanya. Itu kan harus ada timbal balik dong, timbal balik kan bukan untuk Presiden, untuk negara ini," kata Ryamizard.

Ia menekankan, baik dirinya dan pemerintah telah berkomitmen tak mentolerir terorisme. Dia juga pembebasan Abu Bakar Ba’asyir masih ditunda. 

Alasan Fadli Zon Belum Kritik Menhan Prabowo

"Namanya teroris meneror, meneror orang saja dihukum, apalagi negara diteror, enggak boleh. Ya ditunda dulu (pembebasannya)," kata Ryamizard.

Sebagaimana diketahui pembebasan Ba’asyir tertunda, karena ia menolak menandatangani ikrar kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ba'asyir juga menolak mengakui kesalahannya. (asp)

Prabowo Subianto dalam kunjungan ke Saudi bertemu Putra Raja, Khalid bin Salman

Sambangi Arab Saudi, Menhan Prabowo Disambut Putra Raja Salman

Menurut Khalid, dia bersama Prabowo membahas upaya memperkuat kerja sama pertahanan dan militer kedua negara. Menhan Prabowo kunjungi Arab Saudi bahas kerja sama.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022