Logo timesindonesia

Jabung Menjadi Destinasi Wisata Kuliner, Kenapa Tidak?

Khosidah Yudo dengan bangga menunjukkan sertifikat ISO dan salah satu produk kripik pisangnya... (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)
Khosidah Yudo dengan bangga menunjukkan sertifikat ISO dan salah satu produk kripik pisangnya... (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Berusaha keras agar wilayah Jabung, Kabupaten Malang juga menjadi tujuan wisatawan sebagai destinasi wisata kuliner, Khosidah Yudo, tak mau memasarkan produk kripik buah produksinya ke kota. "Saya pasarkan di desa saja dengan memanfaatkan networking dengan teman-teman yang ada," katanya.

Hasilnya? "Alhamdulillah, meski masih belum se-wah yang lainnya, tapi produk kami setidaknya sudah dikenal sampai ke mancanegara selain sebagian besar di wilayah Indonesia sendiri," kata Khosidah yang akrab dipanggil Ida itu.

Jabung, lanjut Ida, memiliki banyask potensi produk-produk unggulan mulai dari soal handycraft, topeng, kopi, sambel bakar dan sebagainya.

"Itu belum termasuk keindahan alam yang dimiliki Jabung seperti ada tempat negeri di atas awan dan lainnya. Jabung punya 39 UKM. Jadi sangat layak sekali bila Jabung jadi tempat tujuan wisata," katanya.

Menggunakan merk Mak-Rum, dengan usia produksi yang masih dua tahun berjalan, Ida berusaha keras agar produk home industrinya berupa kripik nangka, kripik nanas, kripik apel, kripik salak, kripik pisang dan sebagainya itu, ternyata sudah dikenal di negeri Jiran, Malaysia, Brunei, India dan sebagainya.

Ida lantas menceritakan, produknya itu dikenal dan diminati di luar negeri karena kerenyahannya.

"Kami berusaha keras mengutamakan kualitas, bukan semata-mata kuantitas. Karena kami yakin kuantitas itu dengan sendirinya akan mengikuti manakala produk itu trendnya semakin meningkat dikenal," ujar mantan pegawai bank Bukopin ini.