Logo BBC

Di Balik Foto Viral Biksu yang Membantu Seorang Pria Berwudu

Foto seorang biksu yang sedang membantu seorang pria berwudu menjadi viral di media sosial. - Ivan Mardiansyah
Foto seorang biksu yang sedang membantu seorang pria berwudu menjadi viral di media sosial. - Ivan Mardiansyah
Sumber :
  • bbc

Foto seorang biksu yang sedang membantu seorang pria berwudu menjadi viral di media sosial. Kami berbincang dengan fotografer yang mengambil gambar tersebut untuk mencari tahu ada apa di baliknya.

Foto seorang biksu yang sedang membantu seorang pria berwudu menjadi viral di media sosial. Dalam foto itu nampak seorang biksu dengan jubah oranye menuangkan ember berisi air, yang dipakai seorang pria berpeci dan bersarung, untuk membasuh wajah dan kakinya.

Beberapa warganet mengunggah foto tersebut di media sosialnya dan disukai oleh banyak orang. Posting @billykhaerudin ini misalnya, disukai oleh 10 ribu orang dan di-retweet lebih dari 7 ribu kali.

Foto tersebut adalah hasil karya fotografer Ivan Mardiansyah, yang bekerja untuk koran Lombok Pos . Ivan menjelaskan bahwa foto tersebut diambilnya pada bulan Mei 2018.

"Foto itu saya ambil dengan tujuan untuk menunjukkan toleransi, dan untuk menyingkirkan kata "intoleran" dari Indonesia," kata Ivan saat dihubungi oleh BBC News Indonesia melalui telepon.

Saat itu bulan Ramadan, beberapa saat setelah meledaknya beberapa bom di Surabaya yang menewaskan 28 orang.

"Waktu itu media sedang gencar dengan berita bom Surabaya, kemudian saya izin dengan redaktur untuk mengambil gambar toleransi di desa Bentek, Lombok Utara," kata dia.