Logo timesindonesia

Hama Tikus Serang Tanaman Jagung

Petani jagung menunjukan tanaman jagung yang rusak akibat hama tikus, Jumat, (08/02/2019) (Foto: Achmad Choirudin/TIMESIndonesia)
Petani jagung menunjukan tanaman jagung yang rusak akibat hama tikus, Jumat, (08/02/2019) (Foto: Achmad Choirudin/TIMESIndonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Puluhan hektar lahan tanaman jagung milik warga yang berada di kawasan hutan jati Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban Bumi Wali, The Spirit Of Harmony, diserang hama tikus hutan.

Serangan hama tikus tersebut sudah melanda kawasan pertanian hampir dua pekan terakhir. Ini membuat petani terancam gagal panen.

Binatang pengerat yang menyerang puluhan hektar tanaman jagung yang berada di hutan jati petak 3L milik Perhutani Tuban itu, membuat para petani frustasi, sehingga petani terpaksa membabatnya untuk digunakan sebagai pakan ternak.

Salah satu petani, Sutarji (45) warga Desa setempat mengatakan, serangan hama tikus membuat para petani merugi dan gagal panen. Pasalnya tanaman jagung yang sudah berusia 75 hari dan kurang dari 2 minggu sudah siap di panen menjadi gagal panen.

"Saya sudah melakukan berbagai macam cara untuk mencegah serangan hama tikus ini, sekarang ya hanya bisa buat pakan ternak," ungkap Sutarji saat saat ditemui awak media di ladangnya, Jumat (08/02/2019).

Sedangkan untuk tanaman jagung yang tersisa hanya tinggal tongkolnya saja itu kemudian oleh petani terpaksa harus di potong lebih awal, dan hanya dijadikan konsumsi pakan ternak mereka.

"Mau dipakai apa lagi kalau bukan untuk pakan ternak. Soalnya sudah tidak bisa di panen," paparnya.