Logo BBC

Klinik Kesehatan di Kalimantan Ini Terima Bayaran Pakai Bibit Pohon

Banyak dokter muda yang terinspirasi oleh program ASRI. - BBC
Banyak dokter muda yang terinspirasi oleh program ASRI. - BBC
Sumber :
  • bbc

Sebuah klinik kesehatan di Kalimantan Barat menerima pembayaran dengan bibit pohon, program yang membantu menurunkan angka penebangan liar selama satu dekade terakhir.

Di satu klinik di Sukadana, Kalimantan Barat, seorang ibu membawa lebih dari 200 bibit pohon jengkol miliknya.

Bibit itu dibawa Asma, nama ibu itu, bukan untuk dijual, tapi untuk membayar biaya pengobatan keluarganya di klinik yang dinamakan Alam Sehat Lestari atau ASRI.

Bibit pohon yang dibawanya itu bukan untuk biaya satu kali berobat namun sebagai deposit biaya pengobatan keluarganya. Sejauh ini, Asma telah memiliki deposit senilai Rp2 juta, yang dia gunakan untuk membawa ayah dan ibunya berobat.

"Ayah saya sakit prostat, ada batu ginjal. Saya bayar pakai bibit untuk pengobatannya, ada keringanan untuk saya. Karena kalau pakai uang saya tidak mampu. Ibu saya juga berobat pakai bibit dia sakit maag dan asam urat," ceritanya saat ditemui akhir Januari lalu.

Sistem pengobatan seperti ini dirintis oleh seorang dokter gigi Hotlin Omposunggu dan dokter Kinari Webb pada 2007. Mereka prihatin melihat tingginya praktek penebangan liar di daerah yang terletak di seputar Taman Nasional Gunung Palung, area seluas 90.000 hektar, habitat sekitar 2500 orang utan dan satwa liar lain.


Biaya pengobatan bisa dibayar tanpa uang tunai di klinik ASRI. - BBC