Karya Lukis Putri Affandi Dilelang untuk Dukungan Jokowi-Ma'ruf

Kartika Affandi, anak dari maestro Affandi.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Sebanyak 73 karya lukis dan patung seniman Indonesia, akan dilelang untuk mendukung pasangan paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin di Pemilihan Presiden. Di antaranya, karya milik pelukis Kartika Affandi, anak dari maestro Affandi.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Kartika, yang kini berusia 84 tahun, bersama-sama dengan seniman asal Yogyakarta, menampilkan karya mereka dalam acara bertajuk #01 Satu Arah untuk Satu Indonesia Maju. 

"Saya mewakili teman-teman seniman dari Yogya, dengan senang hati kami bisa berkumpul dan menampilkan bagaimana ekspresi kami bersama," kata Kartika di lokasi pameran yang digelar di kawasan Jakarta Barat, Senin 11 Februari 2019. 

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Mami Kartika, begitu ia disapa, mengatakan dukungan kepada Jokowi telah dilakukannya sejak Pemilu 2014 lalu. Dukungan itu, kata dia, tak terputus hingga kini, karena melihat sosok kepemimpinan Jokowi yang sudah baik sejak terpilih menjadi Presiden.

Dia pun merasa senang, Jokowi nanti sore langsung datang ke acara pameran dan melihat karyanya berjudul 'Membajak Sawah di Tasikmalaya'.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Beliau yang luar biasa, apalagi nanti melihat karya kami bagaimana kami mengungkapkannya," kata dia.

Sementara itu, menemani Kartika saat melihat pameran, Sekretaris Tim Kampanye Nasional, Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa acara itu merupakan apresiasi dari para seniman bagi pasangan petahana. Selain Kartika, ada perupa ternama turut menyumbangkan karyanya dalam acara ini. 

Dukungan itu merupakan lanjutan dari ekspresi para seniman di pemilu sebelumnya yang membuat kolaborasi di Museum Affandi, Yogyakarta. 

Di sisi ruangan juga terdapat lukisan yang menuliskan di atas karya '2014 Kami Melukis Sebagai Bentuk Dukungan, 2019 Kami Mendukung Dengan Bentuk Lukisan'.

"Dan, sekarang kembali para seniman, para budayawan berkumpul, di mana mereka mencanangkan 2019, kami melukis sebagai bentuk sebuah dukungan kepada pimpinan Pak Jokowi," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya