Lebih Seribu Orang Mengungsi akibat Banjir Bandang di Dompu

Permukiman warga diterjang banjir bandang Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, pada Rabu, 3 April 2019.
Sumber :
  • BPBD NTB

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat mendata dampak banjir bandang yang menerjang Kabupaten Dompu pada Rabu sore, 3 April 2019.

BNPB: Hujan Ekstrem Diprediksi Terjadi hingga 20 Mei, Warga Sumbar Harus Waspada

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Pelaksana BPBD NTB Muhammad Rum, mengatakan, sebanyak 230 rumah warga terendam dan 1.150 warga mengungsi.

Ketinggian air ditaksir mencapai 2,93 meter dan merendam Kelurahan Kota Baru, Kampo, Samporo, dan Lingkungan Mantro Bawah. Rumah yang terendam sebagian besar berlokasi di bantaran Sungai Silo yang melintas di Kecamatan Dompu.

Korban Jiwa Banjir Bandang Sumbar Bertambah Jadi 44 Orang

Belum ada laporan korban jiwa maupun luka sejauh ini. Tetapi BPBD masih memantau situasi dan segera memperbarui informasi jika ada perkembangan termutakhir.

Dia mengatakan, BPBD Kabupaten Dompu telah mengerahkan Tim Respon Cepat ke lokasi banjir untuk mendata dan distribusi bantuan logistik. "Kondisi saat ini banjir mulai surut, namun masih banyak rumah warga yang terendam. Cuaca saat ini dalam kondisi mendukung," katanya.

Banjir Bandang Akibatkan Akses Jalan Padang-Bukittinggi Terputus
Banjir bandang melanda Afghanistan.

Potret Memilukan, 3 Balita Terendam Lumpur saat Banjir Bandang di Afghanistan

Potret tiga anak balita yang jadi korban banjir bandang kebingungan duduk di atap sebuah masjid di provinsi Baghlan, Afghanistan utara, viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024