Jokowi Tinjau Calon Ibu Kota di Kalteng Lewat Darat dan Udara

Presiden Jokowi kampanye di Karawang, Selasa, 9 April 2019.
Sumber :
  • VIVA/ Lilis Khalisotussurur.

VIVA - Presiden Joko Widodo akan meninjau beberapa lokasi yang disiapkan untuk menjadi lahan Ibu Kota Negara RI yang baru, di Kalimantan Tengah.

Warga Jakarta Mesti Cetak Ulang KTP Gegara Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur

Rencananya, Jokowi akan meninjau pada Rabu besok 8 Mei 2019, pagi hari. Untuk meninjau itu, akan dilakukan melalui jalur udara dan darat.

"Besok mau diantar oleh Pak Gubernur Kalteng (Sugianto Sabran) untuk melihat 1-2 Lokasi dari atas dan dari darat," kata Jokowi, usai salat tarawih di Masjid Darul Arqom Muhammadiyah, Palangkaraya, Selasa malam, 7 Mei 2019.

Di Rapat Paripurna, Demokrat dan PKS Minta Pemerintah Tunda Pemindahan Ibu Kota

Kalimantan Tengah adalah wilayah kedua yang akan ditinjau langsung oleh Jokowi. Setelah pada pagi tadi, sudah meninjau Kalimantan Timur. Dua tempat yang memiliki kans besar menjadi Ibu Kota RI yang baru.

Jokowi kembali menegaskan, bahwa banyak aspek yang nanti akan diputuskan. Baik aspek sosiologi, kebencanaan, sosial politik, kebutuhan akan air, termasuk masalah gambut.

Sesi Conference Hannover Messe 2023: Berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Peninjauan seperti ini, tidak otomatis menjadi faktor penentu. Maka tetap ada tim yang akan mengkaji nantinya untuk diserahkan ke dirinya daerah mana yang layak menggantikan Jakarta.

"Semuanya akan dicek, dilihat, dikalkulasi oleh tim. Saya hanya melihat lapangannya. Kemudian biar ada feeling begitu, nanti dalam memutuskan biar tidak salah," katanya.

Pemakaman Ibunda Maxime Bouttier

Haru, Maxime Bouttier Ungkap Kebaikan Luna Maya untuk Keluarganya

Maxime Bouttier merasa berterima kasih dan bersyukur karena Luna Maya menawarkan rumahnya untuk jadi tempat sang ibunda. 

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024