Wiranto Bilang Penangkapan Penyeru People Power agar Tahu Ada Hukum

Menko Polhukam Wiranto saat konferensi pers soal Tim Khusus
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengklaim bahwa pemerintah berhasil mencegah kerusuhan atau konflik yang sempat diisukan terjadi saat pemilihan umum pada 17 April 2019.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Dia pun yakin pada 22 Mei nanti, saat pengumuman hasil pemilu, bisa berlangsung aman dan damai, meski beredar rumor akan ada demonstrasi di kantor Komisi Pemilihan Umum maupun Badan Pengawas Pemilu.  

"Kemudian juga isu ada ajakan-ajakan untuk people power, atau sekarang, untuk mengobarkan kedaulatan rakyat, dan sebagainya. Tapi kalau itu dilakukan dengan cara-cara yang konstitusional, ikut hukum yang berlaku, tidak ada masalah," kata Wiranto di Jakarta, Jumat malam, 17 Mei 2019.

Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

Namun, Wiranto mengingatkan, jangan sampai kegiatan itu menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat. Pemerintah dan aparat keamanan akan semaksimal mungkin mencegah konflik horizontal.

"Tapi kalau masyarakat enggak ikut, masyarakat sadar dan disiplin terhadap hikmah puasa, saya kira ajakan ajakan negatif tidak akan dapat berjalan," ujarnya. 

Wiranto Sebut Hadi Tjahjanto Sosok Tepat Jadi Menko Polhukam, Paham Anatomi Ancaman

Pemerintah, menurut Wiranto, sudah menyiapkan langkah-langkah pengamanan menjelang pengumuman hasil pemilu 2019 pada 22 Mei.

"Ada imbauan (tentang keamanan) iya; ada kemudian penangkapan tokoh-tokoh yang ekstrem yang nyata-nyata melanggar hukum, ada, supaya tahu bahwa negeri ini ada hukumnya, enggak sebebas-bebasnya; demokrasi iya, tapi bebas sebebas-bebasnya tidak ada," katanya. (ase)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024