Pemudik Peserta JKN-KIS Bisa Berobat dengan KTP di Serang-Cilegon

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Cabang Serang, Khaterine Manurung.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Bagi pemudik berstatus peserta JKN-KIS yang berada di Serang-Cilegon, namun lupa membawa kartu peserta BPJS Kesehatan, tetap bisa mendapatkan pelayanan fasilitas Kesehatan (Faskes). Caranya, dengan menunjukkan kartu identitas KTP, dan petugas BPJS atau pegawai di loket pendaftaran akan mengeceknya. Asalkan, kepesertaan BPJS-nya dalam status aktif.

Pasien Imunodefisiensi Primer Minta Pemerintah Masukkan Terapi IDP ke dalam Formularium Nasional

"Selama masih aktif, dengan menunjukkan KTP-nya, tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Khaterine Manurung, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Cabang Serang, saat ditemui di kantornya, Senin 27 Mei 2019.

Sebanyak 106 puskesmas, 17 rumah sakit, dan 18 klinik yang bekerja sama siap melayani pemudik di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Lebak, Pandeglang, hingga Kota Cilegon.

Berbagi Kebaikan Ramadhan, JEC Hadirkan Layanan BPJS Kesehatan dan Operasi Katarak-Juling Gratis

Bagi peserta JKN-KIS dari luar daerah, kemudian mengalami sakit di Banten, tetap bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. 

"Peserta JKN-KIS yang sedang mudik, membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, dapat mengunjungi fasilitas Kesehatan (Faskes) yang bekerjasama dengan BPJS," katanya.

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ajak Pemudik Mampir ke Posko Mudik BPJS Kesehatan

Khaterine menerangkan kalau Faskes terdekat, seperti puskesmas tutup, maka bisa mendatangi IGD RS terdekat untuk mendapatkan pelayanan media dasar. Pelayanan hanya bisa dilakukan bagi peserta JKN-KIS aktif, yaitu rutin membayar iuran.

"Pada kondisi darurat, seluruh faskes wajib memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Faskes juga tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta," lanjut dia. (ren)

Strategi BPJS Kesehatan dalam mencapai UHC Program JKN di Indonesia

Di Universitas Harvard, Dirut BPJS Kesehatan Ungkap Jurus Capai UHC dalam 10 Tahun

Direktur Utama BPJS Kesehatan mengungkapkan strategi BPJS Kesehatan dalam mencapai Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024