Lewat Skrining Riwayat Kesehatan, Generasi Milenial ini Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan

Aplikasi Mobile JKN
Sumber :
  • BPJS Kesehatan

VIVA – BPJS Kesehatan senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan kemudahan akses bagi peserta yang ingin mengakses layanan baik administrasi kepesertaan maupun layanan di fasilitas kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi yang dapat diunduh di Play Store dan App Store ini menghadirkan berbagai kemudahan bagi penggunanya, sehingga peserta JKN dapat mengakses layanan BPJS Kesehatan dengan mudah dan praktis.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Josua (23) merupakan salah satu peserta JKN yang juga pengguna setia aplikasi Mobile JKN sejak tahun 2022. Ia memanfaatkan aplikasi ini untuk mengurus berbagai keperluan terkait kesehatan, termasuk memanfaatkan fitur skrining kesehatan, yang memudahkannya memeriksa kesehatan tanpa perlu pergi ke fasilitas kesehatan.

“Fitur skrining di Mobile JKN sangat membantu saya untuk mengetahui kondisi kesehatan saya secara dini. Tidak perlu ke rumah sakit untuk melakukan pengecekan kesehatan, hanya perlu handphone dan jaringan internet, saya sudah bisa melakukan pengecekan kesehatan dari rumah secara gratis,” ujarnya.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Dirinya mengungkapkan, pemanfaatan layanan skrining riwayat kesehatan juga ia gunakan untuk mendeteksi potensi penyakit kronis seperti diabetes melitus, jantung koroner, ginjal kronik, dan hipertensi. Josua mengungkapkan rasa puas dengan kemudahan dan kelengkapan informasi yang disediakan fitur skrining riwayat kesehatan Aplikasi Mobile JKN.

"Hanya dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana yang sesuai dengan kondisi kesehatan saya dengan waktu kurang lebih 10 menit, saya bisa mendapatkan informasi yang cukup lengkap tentang risiko kesehatan saya," tuturnya.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Josua menjelaskan bahwa pertanyaan-pertanyaan dalam fitur skrining dirancang untuk membantunya mengidentifikasi faktor risiko berbagai penyakit. Adapaun beberapa pertanyaan yang diajukan kepada dirinya yaitu mengenai Riwayat Kesehatan, Riwayat Penyakit Pribadi, Riwayat Kesehatan Keluarga dan Pola Makan.

"Setelah saya menjawab pertanyaan yang ada di Aplikasi, langsung muncul hasil dan tertulis resiko rendah dari penyakit diabetes, hipertensi, jantung dan ginjal. Selain itu, terdapat informasi untuk skrining selanjutnya akan dapat dilakukan pada tahun selanjutnya, bahkan saya bisa mencetak hasil skrining yang telah saya lakukan,” ungkap Josua.

Informasi yang diperoleh dari hasil skrining membantu Josua untuk mengambil keputusan terkait gaya hidup dan pola makannya. Josua juga mengungkapkan hasil skrining ini tentunya menjadi pengingat baginya untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Selain itu, Josua juga menjelaskaskan bahwa fitur ini memberikan informasi tentang cara mencegah penyakit sehingga dapat membantunya untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dan menjaga kesehatan.

Sebagai generasi milenial, Josua merasa sangat terkesan dengan Aplikasi Mobile JKN yang sangat mempermudah masyarakat sekarang dalam mengakses fitur-fitur kesehatan dan tentunya Fitur ini bisa membantu masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan yang tidak perlu memakan banyak waktu.

"Karena teknologi semakin canggih, aplikasi ini sangat membantu masyarakat sehingga saya sering membagikan pengalaman menggunakan fitur skrining Mobile JKN di media sosial. Menurut saya, ini sangat bermanfaat bagi semua orang, terutama bagi mereka yang tidak punya waktu untuk check-up ke dokter," kata Josua.

Josua berharap fitur skrining Mobile JKN dapat terus dikembangkan dan dipromosikan lebih gencar agar seluruh masyarakat Indonesia bisa lebih sadar dengan kesehatan mereka. Hal ini juga dilakukan agar seluruh masyarakat Indonesia lebih peduli terhadap kesehatannya dan mendorong masyarakat untuk mendaftarkan dirinya menjadi peserta JKN.

"Fitur ini membantu saya untuk agar lebih peduli terhadap kesehatan dan memberikan akses yang mudah untuk skrining riwayat kesehatan," tutup Josua.

Aplikasi Mobile JKN juga menawarkan kemudahan bagi peserta dengan menyediakan menu peserta yang berisi fitur peserta, kartu peserta, ubah data peserta, dan pendaftaran peserta; menu tagihan yang berisi fitur premi, catatan pembayaran, cek virtual account, dan pembayaran; menu pelayanan yang berisi riwayat pelayanan, pendaftaran pelayanan, dan skrining; dan yang terakhir adalah menu umum yang berisi fitur info JKN, lokasi, pengaduan dan pengaturan aplikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya