Faisal Basri di Sidang MK: Bansos El Nino Diberikan Hanya Demi Dongkrak Perolehan Suara

Pengamat Ekonomi Faisal Basri (Foto/antara)
Sumber :
  • vstory

Jakarta – Ahli yang dihadirkan kubu Anies-Muhaimin (Amin), Faisal Basri mengatakan bahwa bantuan langsung tunai (BLT) El Nino diberikan pemerintah hanya demi untuk meningkatkan perolehan suara bagi pasangan capres dan cawapres tertentu. Hal tersebut dikatakannya ketika mengikuti sidang sengketa hasil pilpres 2024 yang digelar di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ditinggal Nasdem dan PKB Merapat ke Prabowo, Anies: Kita Masih Jalan Sama-sama Kok

Diketahui, sidang agenda pemeriksaan saksi itu digelar di gedung MK pada Senin 1 April 2024.

"Jadi nyata bahwa El Nino ini kebutuhan untuk meningkatkan suara, only that, dari segi data itu, ini yang sangat memilukan dan seolah-olah kita semua bodoh," ujar Faisal Basri di ruang sidang.

494 Suara Hilang di Dapil Jabar 1, Nasdem Tuduh Golkar Ada Kenaikan 472 Suara Ilegal

Bansos El Nino itu, klaim Faisal, sengaja digelontorkan sebagai panggung dari pihak tertentu. Fenomena alam itu dijadikan alat untuk memastikan efektivitas penyaluran bansos.

Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jazuli: Keputusan PKS Koalisi atau Oposisi Tak Pernah Selera Personal

"Harus ditunjukkan nih yang ngasih nih pakai seragam tertentu, pesan tertentu, dan sebagainya. Jadi panggung-panggung yang diciptakan itu untuk memastikan fektivitas bansos ini semaksimal mungkin," kata dia.

Dia pun menyinggung terkait dengan bantuan serupa pada tahun 2021 silam. Pasalnya, tahun 2021 tidak ada bantuan serupa padahal dampak El Nino saat itu lebih parah dibanding tahun 2023.

"Kalau kita lihat jumlah kekeringan, jumlah banjir dan cuaca ekstrem lebih parah tahun 2021 dari pada 2023, kenapa 2021 ndak ada (BLT) El Nino?" ucap Faisal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya