Upacara Pemakaman Ani Yudhoyono Dimulai Lebih Cepat dari Jadwal

Pemakaman Ibu Ani Yudhoyono di TMP Kalibata
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Presiden Joko Widodo menjadi inspektur dalam upacara pemakaman mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Timur, Minggu sore, 2 Juni 2019.

Lulus Disertasi Doktor, Ibas Menangis Kenang Ibu Ani Yudhoyono

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, Jokowi tiba pada 14.27 WIB, ditandai dengan tembakan meriam. Upacara dimulai pada 14.40 WIB, dengan laporan komandan upacara kepada Jokowi, lantas pembacaan riwayat hidup, prestasi, juga karya-karya Ani yang merupakan istri dari Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Jokowi lantas membacakan Apel Persada terhadap Ani pada 14.50 WIB. Mantan Gubernur DKI itu mempersembahkan jenazah Ani kepada Ibu Pertiwi.

Khofifah: Museum SBY-Ani di Pacitan Selesai 2021

"Saya, Presiden RI, atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan kepada persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa almarhumah, Hajah Kristiani Herawati Yudhoyono, Ibu Negara RI keenam," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, Ani yang berpulang Sabtu kemarin, 1 Juni 2019 di National University Hospital (NUH) Singapura pada 11.50 waktu setempat, telah memberi kontribusi terhadap kepentingan, juga keluhuran negara dan bangsa.

SBY Ciptakan Lagu Gunung Limo Mengenang Ani Yudhoyono, Amat Syahdu

"Semoga jalan dan bakti yang ditempuh dapat menjadi suri teladan kita semua dan arwahnya diterima di tempat semestinya di alam baka," ujar Jokowi.

Upacara dilanjutkan dengan prosesi pasang sangkur, penurunan jenazah, juga tabur bunga.

Sejumlah tokoh yang terlihat hadir di antaranya BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, Boediono, Pramono Anung, Hatta Rajasa, Try Soetrisno, Kepala Kwarnas Pramuka Budi Waseso, Emil Salim, mantan Menko Kesra Agung laksono, mantan Ketua Umum Golkar Akbar Tanjung, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, mantan Menpora Roy Suryo, Kepala BNPT Suhardi Alius, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kasal, Kasad, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin. Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Rachlan Nasidik, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, politikus Demokrat Dede Yusuf, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Jaksa Agung M Prasetyo, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Ketua KPU Arief Budiman, mantan Komisioner KPU Hafis Nadar Gumay, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Sinta Nurriyah, dan Yenny Wahid. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya