Kondisi Lancar, Tak Ada One Way di Tol Semarang - Solo

Kendaraan keluar tol melalui Gerbang Tol Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Arus lalu lintas di Jalan Tol Semarang - Solo yang melalui gerbang tol Bayumanik, terpantau ramai lancar pada H-1 Lebaran atau Selasa, 4 Juni 2019.

Penumpang Pesawat Naik Pada Lebaran 2019, Kereta Api Malah Turun

Dengan situasi saat ini, kontra flow tidak diberlakukan. Tapi ini masih akan melihat apakah kepadatan arus lalu lintas mengalami peningkatan atau tidak. Apalagi bila sudah tidak ada antrean di rest area 429.

Sebenarnya, sejak kemarin situasi di ruas tol Semarang - Solo relatif ramai lancar dan tidak ada kemacetan. Antrean terjadi hanya di pintu tol saja. Kondisi ini berbeda pada H-4 dan H-3 dimana antrean kendaraan di pintu tol mencapai beberapa kilomter.

Penumpang Pesawat Naik Pada Lebaran 2019, Kereta Api Malah Turun

"Kali ini antrean kendaraan hanya 8 sampai 10 mobil saja. Di sekitar rest area 429 juga relatif lancar," katanya.

Tapi dari pantauan, one way yang biasanya diterapkan pada pagi hari, justru tidak terlihat. Menurut Dirlantas Polda Jateng, Kombes Rudy Antariksa, memastikan one way tidak perlu diterapkan karena lalu lintas terlatif cukup lancar. Pada puncaknya kendaraan yang melintas di kawasan ini mencapai 50 ribu lebih.

Tol Tangerang-Merak Catat Traffic Tertinggi Selama Musim Libur Lebaran

Namun, jumlahnya terus menurun dan pada H-1 ini jumlah kendaraan yang melintas hanya 35 ribu. Memang tetap ada peningkatan, karena pada hari biasa jumlah kendaraan yang melintas mencapai 14 sampai 15 ribu.

“Hari ini sampai besok bisa dipastikan kondisi lalu lintas akan tetap lancar. Penurunan jumlah kendaraan yang melintas menurun sejak kemarin sore,” katanya.

Laporan: Aditya Bayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya