Bantah Rommy, KPK Tegaskan Tahanan Punya Batasan

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi menanggapi keluhan penghuni Rutan KPK yang disampaikan tersangka Romahurmuziy alias Rommy. Para tahanan klaim Rommy, mengeluhkan beberapa hal sarana dan prasarana di Rutan selama ini.  

Waketum Golkar Erwin Aksa Yakin Kasus Rommy akan Diproses Polisi

Menurut Jubir KPK, Febri Diansyah, sejatinya seorang tahanan memiliki batasan-batasan. Tidak semerdeka orang yang sedang tak berproses hukum.

"Ketika anda melakukan korupsi dan kemudian menjadi tersangka berdasarkan bukti yang cukup dan kemudian ditahan pasti ada pembatasan-pembatasan hak, ruang gerak dan pembatasan-pembatasan fasilitas," kata Febri dikonfirmasi awak media, Jumat, 21 Juni 2019.

Bantah Isu Taliban, Pimpinan KPK: Adanya Militan Pemberantas Korupsi

Meski begitu, Febri menegaskan, pihaknya akan meninjau lagi pengelolaan Rutan agar lebih baik. Walau, pada kunjungan kemarin, pihak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham menilai bahwa sarana, prosedur dan pengelolaan fasilitas tahanan di Rutan KPK, maupun pelayanannya sudah berjalan dengan baik. "Secara prinsip disampaikan hal-hal yang pokok sudah dijalankan di Rutan cabang KPK," kata Febri.

Sementara merespons keluhan tahanan mengenai alat pemanas makanan, Febri mengaku memang barang-barang seperti itu dilarang untuk dibawa masuk dalam rutan.

Struktur KPK Gemuk, Dewas Sudah Ingatkan Firli Bahuri Cs

Adapun waktu untuk ibadah, pengelola rutan KPK juga sudah memfasilitasi sesuai dengan ajaran agama masing-masing para tahanan. Memang, ada aturan memborgol tangan tahanan. 

Namun, itu hanya diterapkan selama perjalanan menuju tempat ibadah, bukan saat dia sedang beribadah atau saat tahanan berada di lingkungan tempat ibadahnya. "Jadi tak benar bila dikatakan para tahanan diborgol saat menjalankan ibadah tersebut," kata Febri.

Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romy (kedua kiri).

Bantah Restui Kader Pejuang PPP Dukung Prabowo, Romahurmuziy Usul Pemecatan

Sejumlah kader PPP yang tergabung dalam Pejuang PPP sebelumnya deklarasikan dukungan buat Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023