Protes Harga Anjlok, Peternak Bagikan Gratis 6.500 Ayam Broiler

Pembagian ayam gratis di Yogyakarta, Rabu, 26 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA – Peternak ayam di Yogyakarta, membagikan 6.500 ekor ayam broiler gratis kepada masyarakat. Hal itu dilakukan, sebagai bentuk protes peternak atas anjloknya harga ayam.

Harga Ayam Potong di Kabupaten Ketapang Naik Sentuh Rp 45.000 per Kilogram

Ketua Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo), Hari Wibowo mengatakan, anjloknya harga ayam broiler membuat para peternak merugi. Hari menyebutkan, pembagian ayam broiler tersebut sebagai wujud keprihatian para peternak.

"Kita ini ingin berbagi, membagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma. Daripada kita rugi dipikul sendiri, sekalian ruginya kita tersampaikan ke masyarakat," ujar Hari, Rabu 26 Juni 2019.

Harga Ayam di Mandailing Natal Tembus Rp 60.000, Begini Penjelasan Peternak

Dia menambahkan, "Memang kita rugi, tapi sudah diniati dengan harapan setelah ini pemerintah bisa mengusahakan peternak tidak rugi."

Hari mengungkapkan, harga seekor ayam broiler hidup dari kandang peternak hanya dihargai Rp7 ribu hingga Rp8 ribu. Padahal, biaya produksi untuk seekor ayam broiler hidup adalah Rp18 ribu. Kondisi ini membuat peternak merugi.

Daftar Harga Pangan 13 Maret 2023: Daging Ayam hingga Cabai Rawit Naik

"Anehnya, di pasar bapak-bapak dan ibu sekalian masih membeli ayam di atas Rp25 ribu, bahkan Rp38 ribu. Padahal, jual Rp15 ribu saja bakul sudah untung. Untuk itu, daripada kita jual murah, mending kita kasihkan ke masyarakat saja," ujar Hari.

Hari meminta, pemerintah turun tangan menyelesaikan ketimpangan harga ayam tersebut. Hari juga meminta pemerintah untuk turut mengontrol jumlah bibit ayam, agar tidak terjadi over produksi, sehingga menurunkan harga jual.

"Harapannya, pemerintah bisa mengontrol bibit ayam supaya enggak over produksi. Pemerintah juga kalau bisa membuka pasar atau channel produksi baru di luar area Yogya, biar pasokan ayam tidak sia-sia," kata Hari.

Hari menjelaskan, 6.500 ayam broiler yang dibagikan berasal dari 400 peternak ayam di Yogyakarta. Sejumlah 6.500 ayam itu dibagikan di empat titik.

Keempat titik itu adalah di timur Balaikota Yogyakarta, Stadion Kridosono, Alun-alun utara, dan di Taman Parkir Sriwedari. 

Dari pantauan di lapangan, ribuan warga Yogyakarta mengantre untuk menunggu pembagian ayam broiler gratis. Antrean warga ini sudah terjadi sejak pukul 12.00 WIB. Padahal, acara pembagian baru dilakukan sekitar pukul 14.00 WIB.

Untuk mendapatkan ayam gratis itu, warga harus mengantre kupon. Nantinya, kupon akan ditukar dengan ayam dari panitia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya