Pertemuan Bilateral PM Abe dan Presiden Jinping di Sela-sela KTT G20

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden China Xi Jinping di KTT G-20
Sumber :
  • xinhuanet.com

VIVA – Presiden China Xi Jinping melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang. Kekhawatiran atas perang dagang AS dan program nuklir Korea Utara, membuat hubungan China-Jepang mendekat.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

"Saya ingin membuka era baru hubungan Jepang-China dengan Presiden Xi," kata Abe kepada wartawan, seperti diberitakan BBC, Jumat 28 Juni 2019.

Seorang pejabat Jepang mengatakan, kedua pemimpin sepakat untuk bekerja sama mempromosikan perdagangan yang bebas dan adil, setelah pembicaraan yang sangat jujur.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Ini adalah kunjungan resmi pertama yang dilakukan Xi ke Jepang, sejak menjadi presiden pada 2013 lalu. Pada awal pertemuan mereka di Osaka, Abe mengundang Xi untuk kembali melakukan kunjungan kenegaraan tahun depan.

"Sekitar waktu bunga sakura musim semi mendatang, saya ingin menyambut Presiden Xi sebagai tamu negara ke Jepang. Saya berharap untuk lebih meningkatkan ikatan ke tingkat selanjutnya," ujar Abe.

Jepang dan China sejauh ini merupakan negara dengan ekonomi terbesar di Asia. Pertemuan bilateral antara Xi dan Abe sangat berfokus pada bisnis.

Tahun lalu, kedua belah pihak menandatangani kesepakatan untuk mempertahankan dialog tahunan dan bekerja sama dalam inovasi. Kali ini, kata para pejabat, keduanya berjanji untuk mengembangkan sistem perdagangan bebas dan adil, dalam lanskap ekonomi global yang rumit. [mus]

Wuling BinguoEV di Mandalika

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Perjalanan ini berhasil membuktikan, bahwa mobil listrik BinguoEV mampu menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024