Polri Jamin Pati yang Ikut Tes Capim KPK: Rekomendasi Terbaik

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (tengah) bersama Direktur Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pol Rachmad Wibowo (kiri), Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Pol
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Polri menyambut positif hasil seleksi administrasi dari Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Sejumlah perwira tinggi (pati) dan purnawirawan Polri lolos dalam tahapan seleksi itu.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo menjamin seluruh nama yang diajukan telah mendapat rekomendasi dari Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sehingga integritasnya tak perlu diragukan lagi.

"Beberapa perwira tinggi yang mendapat rekomendasi adalah yang terbaik untuk mengikuti tes capim KPK. Untuk memutuskan siapa yang terbaik dan yang tepat memimpin KPK nantinya itu tugas pansel dan DPR yang menentukan," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 12 Juli 2019.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Menurut Dedi, siapa saja nantinya yang akan menduduki kursi pimpinan KPK, harus memiliki kompetensi penyidik dan memiliki pengalaman dalam memimpin serta mampu menangani kasus-kasus besar. Khususnya, tindak pidana korupsi dan memiliki integritas serta komitmen yang kuat.

"Kami hanya merekomendasikan perwira-perwira yang terbaik. Silahkan Pansel KPK memilih, dengan mekanisme Pansel KPK sendiri," ujarnya.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Diketahui, ada beberapa nama Pati Polri dan purnawirawan Polri yang direkomendasikan mengikuti seleksi capim KPK, dan telah lolos pada tahap pertama. Beberapa nama purnawirawan Polri yang lolos seleksi administrasi capim KPK di antaranya mantan Kabareskrim Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar, eks Kapolda Papua Irjen Pol (Purn) Yotje Mende, dan mantan Staf Ahli Kapolri, Irjen Pol (Purn) Yovianes Mahar.

Kemudian, beberapa Pati Polri yang aktif dan lolos seleksi awal capim KPK di antaranya Wakabareskrim Irjen Antam Novambar, Staf Ahli Kapolri Irjen Ike Edwin, Brigjen Bambang Sri Herwanto dari Sespim Lemdiklat Polri, dan Kepala Biro Penyuluhan Hukum Mabes Polri, Brigjen Agung Makbul.

Selain itu, ada Irjen Dharma Pangrekun, perwira tinggi Bareskrim Polri di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Brigjen M Iswandi Hari yang ditugaskan di Kemenakertrans, dan Irjen Juansih yang kini menjabat analisis Kebijakan Polri Bidang Pendidikan dan Pelatihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya