Video Detik-detik Gunung Tangkuban Perahu Meletus

Gunung Tangkuban Perahu.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Gunung Tangkuban Perahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, mengalami erupsi alias meletus pada pukul pukul 15.48 WIB, Jumat, 26 Juli 2019. Asap erupsi terpantau melebar ke area timur, utara, dan selatan.

Menguak 7 Gunung Berapi Bawah Laut di Indonesia

Di lini media sosial beredar video detik-detik meletusnya Gunung Tangkuban Perahu. Warga mengabadikan momen Gunung Tangkuban Perahu mengeluarkan kolam abu sehingga 200 meter di atas puncak. 

Geger Pulau Baru Tiba-tiba Muncul di Jepang, Hal Ini Jadi Pemicunya

Kepala Pusat PVMBG Kasbani kepada VIVA mengatakan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi kurang lebih 5 menit 30 detik. 

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Setinggi 2,5 Km

Terlihat juga warga di sekitar Tangkuban Perahu panik meninggalkan area Tangkuban Perahu untuk menghindari abu lava. 

Saat ini, kata dia, Gunung Tangkuban Parahu berada pada status level I atau normal. Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat sekitar Gunung Tangkuban Parahu dan pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas. 

"Dan tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu, serta ketika cuaca mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya