PVMBG: Tangkuban Parahu Masih Terus Erupsi

Gunung Tangkuban Perahu pasca erupsi
Sumber :
  • VIVA / Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, bahwa kondisi Gunung Tangkuban Perahu Subang, Jawa Barat, masih terus mengalami erupsi.

Status Waspada Dicabut, Tangkuban Perahu Diserbu 5 Ribu Wisatawan

"Masih terjadi erupsi menerus dengan hembusan asap berwarna putih dengan tinggi sekitar 180 meter dari dasar kawah," kata Kepala PVMBG Kasbani kepada Vivanews di Jakarta, Rabu, 7 Agustus 2019.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Perahu dan pengunjung, wisatawan, pendaki tidak mendekati kawah yang ada di puncak Gunung Tangkuban Perahu dalam radius 1,5 km dari kawah aktif. "Tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Perahu Level II (waspada)," katanya.

Tangkuban Perahu Masih Ditutup karena Erupsi Semburkan Gas Berbahaya

Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Perahu diharapkan tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan  Gunung Tangkuban Parahu, dan harap selalu mengikuti arahan BPBD setempat.

"Kawasan Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu direkomendasikan untuk sementara ditutup sampai jarak aman di atas," katanya.

Wisata Tangkuban Perahu Dikelola Swasta, Perhutani Tak Bisa Ambil Alih

Kemudian, kepada masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar Gunung Tangkuban Perahu dalam KRB II untuk selalu waspada, dan tetap memperhatikan perkembangan kegiatan Gunung Tangkuban Perahu yang dikeluarkan BPBD setempat.

Chanya McClory

Artis Cantik Thailand Chanya McClory Kepincut Pesona Bali

Saat wawancara ekslusif dengan VIVA.co.id, Chanya McClory menceritakan pengalaman serunya saat liburan ke Bali di tahun 2019

img_title
VIVA.co.id
30 Juni 2021