Logo timesindonesia

Musim Kemarau, 6 Daerah di Jombang Potensi Kekeringan

Gunadi, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
Gunadi, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

VIVA – Enam daerah di Kabupaten Jombang Jawa Timur diprediksi berpotensi kekeringan saat musim kemarau. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang menyatakan potensi kekeringan terjadi di enam Kecamatan yaitu di Kecamatan Bareng, Wonosalam, Mojoagung, Plandaan, Kabuh, Ngusikan.

Kepala seksi (kasie) pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi ancaman kekeringan salah satunya dengan membuat sumur bos dan pengiriman air bersih ke daerah yang diprediksi mengalami kekeringan tersebut.

Gunadi meminta kerjasama pihak pemerintah desa agar segera membuat laporan masyarakat jika terjadi kekeringan pada wilayahnya. Melalui pemerintah desa itulah pihak BPPD akan menindaklanjuti.

“Selanjutnya, BPBD akan melaporkan kepada pihak Provinsi,” katanya.

Untuk mengatasi potensi kekeringan itu, Gunadi menambahkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memberikan bantuan dana yang nantinya dialokasikan untuk membeli air bersih dn mengirim ke daerah yang mengalami kekeringan.

 “Satu kali pengiriman, kami nantinya kirim 4 tangki, 1 tangki berisi 5.000 liter air bersih, dan itu kerjasama dengan PDAM," ujarnya. (*)