4 Pejabat Negara yang Kena OTT KPK 2019, Cek Siapa Paling Tajir

Ketua Umum PPP Romahurmuziy ditangkap KPK atas kasus suap seleksi jabatan di Kemenag.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi/KPK kembali melakukan operasi tangkap tangan atau OTT di wilayah Yogyakarta, pada Senin 19 Agustus 2019. 

KPK Usut Kasus Pengadaan Barang dan Jasa di PT PLN, Negara Rugi Miliaran Rupiah

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan saat ini timnya sudah mengamankan sekitar empat orang yang diduga melakukan praktik rasuah itu. Febri mengatakan bahwa empat orang tersebut masing-masing berasal dari Jaksa, PNS, rekanan dan swasta. Dalam OTT itu, KPK juga mengamankan uang yang jumlahnya sekitar Rp100 juta-an.

"Diduga (suap tersebut) terkait proyek yang diawasi oleh TP4D (Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, dan Pembangunan Pusat-Daerah)," kata Febri dikutip dari VIVAnews.

SYL Bakal Jalani Sidang Perdana Kasus Korupsi di PN Jakpus Pekan Depan

Presiden Joko Widodo tegas meminta agar pejabat negara tidak melakukan tindakan korupsi. Nyatanya di 2019, KPK telah melakukan OTT kepada sejumlah pejabat negara. Berikut ini sejumlah pejabat negara yang terjaring OTT beserta harta kekayaannya yang dirangkum VIVA.co.id.

Bupati Mesuji 

Kata Bupati Sidoarjo Usai Anak Buah Ditahan KPK terkait Kasus Insentif ASN Rp2,7 M

Bupati Mesuji non aktif Khamami usai jalani pemeriksaan di KPK

Pada 23 Januari 2019, KPK menggelar OTT dengan menangkap Bupati Mesuji, Lampung Tengah, Khamami dan sejumlah pihak. 

Khamami dan pihak swasta diciduk tim Satgas KPK lantaran diduga terlibat transaksi suap. Suap ini diduga berkaitan dengan proyek infrastruktur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mesuji.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 19 September 2016 mencatat kekayaan Khamami Rp22,4 miliar.

Jumlah kekayaan Khamami itu bertambah sekitar Rp8 miliar, jika dibandingkan dengan LHKPN pada 17 Juli 2011. Rata-rata dalam satu tahun Khamami mampu menambah kekayaannya sekitar Rp1,5 miliar.

Ketua umum PPP 

Muhammad Romahurmuziy

Pada 15 Maret 2019, KPK melakukan OTT kepada Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan,  Romahurmuziy alias Rommy.

"Betul (Rommy kena OTT) ada giat KPK di Jatim, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh KPK bertempat di Polda Jatim," ujar Agus saat dikonfirmasi VIVAnews, Jumat 15 Maret 2019.

Rommy diketahui memiliki jumlah harta Rp11,83 miliar. Jumlah harta tersebut adalah yang didaftarkannya pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2010. Rommy terakhir kali melaporkan jumlah hartanya pada 19 Maret 2010 saat menjabat anggota DPR periode 2009-2014.

Bupati Kudus

Pejabat negara yang kena OTT adalah Bupati Kudus Muhammad Tamzil pada Jumat, 26 Juli 2019. Tamzil diamankan bersama delapan orang lainnya terkait kasus suap jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Kudus.

Dikutip dari situs LHKPN per 17 Januari 2018, kekayaan Tamzil senilai Rp912.991.616. Kekayaan Tamzil di antaranya terdiri dari tanah dan bangunan seluas 227 meter persegi di Kota Semarang senilai Rp633.071.000.

Pejabat BUMN 

Selain kepala daerah, KPK jug menciduk pejabat di lingkungan Badan Usaha Milik Negara. Salah satunya adalah Direktur Keuangan Angkasa Pura II, Andra Y. Agussalam. Andra terjaring OTT pada 1 Agustus 2019. 

Dari laman http://acch.kpk.go.id/, harta kekayaan Andra yang tercatat dalam LHKPN mencapai Rp20-an miliar dan US$171.090 dolar. Ia terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 4 November 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya