Pemerintah Susun Rencana Tol Langit untuk Calon Ibu Kota

Direktur Utama BAKTI, Anang Achmad Latif.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – 

Jaksa Ungkap Chat Terdakwa Korupsi BTS Singgung Setoran Rp 40 Miliar ke Oknum BPK

Beberapa waktu lalu saat Presiden Joko Widodo mengumumkan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengaku telah memiliki rencana untuk menguatkan jaringan di sana.

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Anang Achmad Latif mengaku tengah menyiapkan 'Palapa Ring' khusus untuk ibu kota baru.

Cara PTT Pastikan SDM Kawasan Timur Indonesia Siap Hadapi Kemajuan Industri Telko

"Kita sedang menyiapkan kajiannya, sudah bicara juga dengan operator. Karena kalau masalah telekomunikasi kan harus berpangku tangan dengan mereka," katanya di Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019.

Komunikasi dengan operator dilakukan oleh pihaknya untuk menyesuaikan titik-titik lokasi, termasuk pada sumber listrik. Pembangunan juga diklaim akan lebih cepat karena medannya yang tidak terlalu sulit.

Pesan Memkominfo Budi Arie untuk Dirut Bakti yang Baru

“Target Palapa Ring ibu kota selesai adalah sebelum pemerintah resmi berimigrasi ke Kalimantan Timur. Saya jamin itu tidak lama akan terealisasi, sebelum pengumuman resmi," ujarnya.

Palapa Ring atau yang memiliki nama beken 'Tol Langit' terbagi menjadi tiga paket, ialah barat, tengah dan timur. Paket timur jadi yang paling lama terealisasi karena medannya yang berat.

Dalam acara peresmian Palapa Ring, Jokowi juga berjanji akan menambah 4.000 BTS. Menurut Anang, 500 BTS akan diselesaikan tahun ini sedangkan sisanya pada 2020 sebanyak 3.500 BTS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya