Kebakaran Hutan di Gunung Lawu, Petugas Masih Kesulitan Padamkan Api

Tim gabungan berusaha memadamkan kebakaran di Gunung Lawu.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kebakaran melanda kawasan Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur sejak Jumat pagi, 15 November 2019. Kebakaran terjadi di area Desa Sukowidi yang berbatasan dengan area hutan pinus milik Perhutani.

456 Kasus Kebakaran Hutan di Jateng, Gunung Lawu Tak Tersentuh Api

Petugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Magetan bersama Perhutani, TNI, Polri, perangkat desa dan masyarakat sekitar hingga saat ini masih terus berupaya memadamkan kebakaran hutan di Gunung Lawu.

"Belum padam, masih ada beberapa spot yang kesulitan dijangkau. Tadi rekan-rekan kami membuat jalur baru untuk menuju titik api juga terkendala medan," kata Kasi Darlog BPBD Magetan Ferry Yoga Saputra saat dihubungi VIVA pada Sabtu, 16 November 2019.

Girikerto, Keindahan Desa Wisata Lereng Gunung Lawu

Ia mengatakan jumlah personil yang dikerahkan untuk memadamkan api di titik kebakaran hutan sebanyak 445 orang. Sisanya dari masyarakat yang tidak terdata.

"Dari masyarakat tidak terdata. Kami belum jelas jumlah berapa karena banyak masyarakat yang mandiri membantu secara spontan," ujarnya.

Hasil Nihil, Pencarian Pendaki yang Hilang di Gunung Lawu Dihentikan

Sementara Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo menjelaskan, kebakaran hutan di Gunung Lawu terjadi pada Jumat, 15 November 2019 sekira jam 09.30 WIB.

"Korban jiwa nihil (tidak ada). Kerugian materil untuk Kecamatan Penekan kurang lebih 2,5 hektar lahan terbakar dan Kecamatan Barat kurang lebih 100 meter persegi lahan terbakar," ujarnya.

Menurut dia, BPBD Kabupaten Magetan dibantu aparat TNI/Polri dan masyarakat untuk memadamkan serta membuat ilaran agar api tidak meluas.

"Penyebab kebakaran masih dalam tahap lidik," jelas dia.

Saat ini, BPBD Kabupaten Magetan berkoordinasi dengan OPD terkait untuk penutupan jalur pendakian via Cemoro Sewu dan Singolanggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya