Aksi Heroik Penyelamat Satwa, Lepaskan Ban Bekas yang Kalungi Buaya

Ilustrasi buaya.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dua penyelamat satwa liar dari Australia, Matt Wright dan Crish Wilson ikut membantu melepaskan kalungan ban bekas ke seekor buaya di Sungai Palu, Sulawesi Tengah.

Viral Buaya 4 Meter Jadi Tontonan Warga

Dua presenter National Geographic ini bergabung dengan Satuan Tugas (Satgas) penanganan satwa, yang dibentuk oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah.

Dari siaran tvOne, terlihat tim penyelamat satwa liar ini membuat kerangkeng dengan panjang 4 meter, lebar 1,2 meter dan tinggi 1 meter.

Viral Pria Dimakan Buaya di Tempat Ada Buaya

Kerangkeng itu ditempatkan di tengah Sungai Palu sebagai lokasi yang sering didatangi buaya tersebut. Untuk memancing, Tim Satgas memberi umpan bebek hidup.

Dalam upaya penyelamatan ini, Tim Satgas menggunakan dua trap untuk menangkap dan melepaskan ban dari leher buaya. Namun, baru satu trap yang digunakan pada Rabu, 12 Februari 2020.

Bobby Nasution Buka-bukaan, Puan Kesal hingga Wadas Bak Kota Mati

"Saya dari fasilitas observasi dan sangat memungkinkan untuk menangkap buaya dengan menggiring mereka ke pesisir dekat reruntuhan jembatan," kata Matt Wright seperti dikutip dari tvOne pada Kamis, 13 Februari 2020.

Menurut dia, area tersebut cukup dangkal. Tentunya, juga dengan bantuan jaring buaya itu masuk ke perangkap.

"Peluangnya cukup bagus untuk menangkap buaya tersebut," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya