Sel Mewah Artalyta

Menkumham Copot Kepala Rutan Pondok Bambu

VIVAnews - Penjara alias Hotel Prode berfasilitas mewah yang diterima terpidana kasus suap Artalyta Suryani berbuntut panjang. Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu Sarju Wibowo akhirnya dicopot.

"Kami menarik Sarju Wibowo yang selama ini menjadi Kepala Rutan Pondok Bambu," kata Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar dalam keterangan pers bersama Direktur Jenderal Pemasyarakatan Untung Sugiyono, di Departemen Hukum dan HAM, Jakarta Selatan, Selasa 12 Januari 2010.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Menkumham mengatakan, akan menonaktifkan terlebih dahulu Sarju Wibowo sambil menunggu pemeriksaan lebih lanjut yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal.

"Menunjuk Ibu Catur Budi Patayatin sebagai pelaksana tugas," ujar menteri dari Partai Amanat Nasional ini.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Pencopotan ini bermula dari inspeksi mendadak Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum pada Minggu malam, 10 Januari 2010. Dalam inspeksi yang diikuti Denny Indrayana dan Yunus Husein, menemukan sejumlah fasilitas mewah yang tidak ada di tahanan biasa.

Di ruang tahanan Artalyta Suryani, Satgas menemukan pendingin ruangan alias AC, kulkas, televisi layar datar, dan tempat mandi bola untuk bermain anak.

Bahkan di ruang tahanan lain, Aling, Satgas menemukan ruang khusus karaoke. Umumnya, ruangan tahanan khusus ini lebih besar dan tidak disatukan dengan tahanan lainnya.

Kabar pencopotan ini sebelumnya sudah disampaikan Untung Sugiyono. "Kemungkinan akan dicopot dulu untuk pendalaman masalah ini," kata Untung Sugiyono saat dihubungi VIVAnews, Selasa 12 Januari 2010.

Menurutnya, tujuan pencopotan ini agar Sarju lebih fokus menyelesaikan masalah fasilitas mewah ini. "Tidak berpikir masalah pekerjaan dulu," kata Untung.


Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

ismoko.widjaya@vivanews.com

Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024