Penghargaan Achmad Bakrie Diharapkan Setara dengan Nobel

Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) XVII/2019
Sumber :
  • VIVAnews/Ridho Permana

VIVA – Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) XVII/2019 memberikan penganugerahan terhadap empat tokoh. Empat tokoh tersebut adalah Jakob Oetama (Jurnalisme), Ashadi Siregar (Sastra Populer), Anna Alisjahbana (Kedokteran) dan Anawati (Sains).

FOTO: Keluarga Besar Bakrie Ziarah ke Makam Achmad Bakrie

Perwakilan Keluarga Bakrie, Anindya Novyan Bakrie mengatakan, pesan dari ayahnya Aburizal Bakrie bahwa PAB harus dilakukan setiap tahun secara rutin dengan waktu berdekatan dengan perayaan 17 Agustus.

Anindya menambahkan, dengan penghargaan inilah keluarga Bakrie ikut memberikan kontribusi bagi perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Aburizal Bakrie Harap Masjid Achmad Bakrie Lahirkan Generasi Religius

"Pak Ical (Aburizal Bakrie) selalu berpesan, pemberian PAB selalu diberikan dengan waktu berdekatan dengan 17 Agustus. Tujuan kemerdekaan adalah kemajuan bagi seluruh bangsa dan hanya bisa dicapai lewat kemajuan dalam ilmu pengetahuan, dunia pemikiran, kesastraan, sains, teknologi dan sebagainya," kata Anindya di Ballroom Djakarta Theater, Rabu malam, 14 Agustus 2019.

Anindya menuturkan, hingga 2019, PAB konsisten dilakukan 17 kali berturut-turut alias tak pernah putus. Ia berharap penghargaan ini bisa setara dengan nobel.

Kepala Daerah hingga Pejabat Negara Hadiri Acara PAB XVII

"Alhamdulillah hingga tahun ini amanat Pak Ical selalu kami pegang teguh. Alhamdulillah tidak putus selama 17 tahun berturut-turut. Kami berharap PAB akan setara dengan pemberian Nobel," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana PAB XVII/2019, Anindra Ardiansyah Bakrie mengatakan, acara ini berkat kerja sama antara Yayasan Achmad Bakrie, Freedom Institute dan Bakrie Group.

Ardi mengatakan acara ini digelar juga dalam rangka 74 tahun Kemerdekaan Indonesia, sekaligus memperingati 77 tahun kelompok usaha Bakrie. Menurutnya, falsafah setiap rupiah yang dihasilkan Keluarga Bakrie harus bermanfaat bagi orang. Hal ini merupakan amanah dari almarhum H. Achmad Bakrie dan menjadi falsafah dasar.

Dia melanjutkan, penghargaan Achmad Bakrie merupakan tradisi penganugerahan kepada para tokoh inspirasional yang berjasa bagi kehidupan bangsa. Tokoh-tokoh yang dipilih adalah insan-insan terbaik dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan, serta yang telah membaktikan hidupnya di bidang kemanusiaan.

Selama kurun waktu tujuh belas tahun berturut-turut, PAB telah diberikan kepada 76 penerima yang terdiri dari 72 individu dan 4 lembaga.

“Tahun ini adalah tahun ke-17 Yayasan Achmad Bakrie memberikan Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) kepada anak bangsa yang menuangkan pikirannya dalam menghasilkan karya inspiratif yang manfaatnya dirasakan masyarakat. Semoga penghargaan ini juga mampu memotivasi anak-anak bangsa untuk terus berjuang menghasilkan karya-karya terbaik," ujar Ardi di Ballroom Djakarta Theater, Rabu malam, 14 Agustus 2019. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya