Ratusan Warga Indonesia Meriahkan Upacara HUT RI ke-74 di Jepang

Upacara peringatan HUT RI ke 74 di halaman Wisma Duta KBRI di Tokyo, Jepang.
Sumber :
  • VIVAnews/ Andy Lala (Jepang)

VIVA – Langit Tokyo yang terik tidak menghalangi sekitar 300 warga Indonesia yang tinggal di Tokyo dan sekitarnya, untuk melakukan upacara peringatan HUT RI ke-74 di halaman Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Jepang di Shinagawa Tokyo, Jepang, Minggu, 17 Agustus 2019. 

Identitas Enam Anggota Polres Jaksel yang Dipecat Karena Kasus Narkoba

Duta Besar RI untuk Jepang Arifin Tasrif yang bertindak selaku Inspektur Upacara, membacakan teks Proklamasi dan Pancasila. 

Sementara itu pengibaran sang saka Merah Putih dilakukan oleh 15 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang merupakan siswa-siswi Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).  Ke-15 orang anggota Paskibra tersebut merupakan bagian dari total 20 orang Paskibra  yang telah berlatih dengan intensif selama 1 bulan, di bawah pembinaan Atase Pertahanan KBRI Tokyo

Polres Jaksel Pecat Enam Anggotanya, Ada Apa?

Sementara itu bertindak selaku komandan upacara adalah Kolonel Penerbang Edwardus Wisoko Aribowo yang juga selaku Atase Pertahanan RI di Tokyo. 

Usai upacara, Dubes RI untuk Jepang, Arifin Tasrif, melayani permintaan foto bersama dengan masyarakat lndonesia dan tim paduan suara serta para guru SRIT. 

Kemenko Perekonomian Dukung Kolaborasi Percepatan Keanggotaan Indonesia dalam OECD

Arifin Tasrif juga melakukan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Yasuo Fukuda, mantan Perdana Menteri Jepang yang juga menjabat sebagai Ketua Japan-Indonesia Association (JAPINDA). 

Acara itu juga dihadiri pihak Kementerian Luar Negeri Jepang dan para mantan Duta Besar Jepang untuk Indonesia. Pemotongan tumpeng ini sebagai ungkapan syukur dalam peringatan HUT RI ke-74.

Seluruh peserta upacara disediakan berbagai hidangan khas Indonesia, dari pengusaha kuliner Indonesia yang ada di  Jepang. Upacara HUT RI ke-74 ini berlangsung pada pagi dan sore hari untuk penurunan bendera Merah Putih. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya