Soal Pembatasan Internet di Papua, Rudiantara Merujuk UU ITE

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan jaringan data seluler di Papua dan Papua Barat akan diaktifkan 100 persen lagi. Tapi baru hanya di beberapa daerah yang dianggap tidak rusuh.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Menkominfo Rudiantara menjelaskan tahapan pencabutan pemblokiran akses internet di wilayah Papua dan Papua Barat. Sejak hari ini juga dilakukan pembukaan akses secara terbatas. 

WAML Gelar Kongres ke-28 di Batam, Sejumlah Isu Akan Dibahas

"Artinya, pembatasan data tadinya untuk level provinsi. Papua, satu papua. Papua barat, satu Papua Barat. Setelah teman-teman di lapangan, terutama penegak hukum, TNI, juga dari sisi intelijen, karena kan prinsipnya mencegah, menangani, menanggulangi dan memulihkan. Jadi tiga-tiganya juga harus kami dukung," kata Rudiantara di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis, 5 September 2019.

Ia menjelaskan ada beberapa daerah yang dari awalnya memang sudah 2G. Jadi akses internetnya tidak dimatikan juga.

Bertemu Menteri Haji Saudi, Wapres Minta Kuota Haji RI Ditambah Setiap Tahun

"Memang tidak ada 3G-nya, tidak ada 4G-nya, terus dari awal juga tidak ada unjuk rasa, kondusif. Nah model ini bertahap dibuka kembali oleh kita kalau ada layanan datanya," ujarnya.

Ia menyebutkan dasar hukumnya mengacu pasal 40 UU ITE. 

3 Polisi AS Tewas Saat Baku Tembak dengan Penjahat di North Carolina

"Yaitu kewajiban bagi pemerintah untuk melindungi masyarakat karenanya pemerintah diberikan kewenangan," kata Rudiantara. (ase)

VIVA Militer: Menteri Pertahanan Israel, Letnan Jenderal (Purn.) Benjamin Gantz

Menteri Israel Ancam Kudeta Netanyahu Jika Tidak Ada Kesepakatan Pembebasan Sandera

Menteri Kabinet Perang Israel, Benny Gantz, bakal menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu jika tidak ada kesepakatan soal pembebasan sandera.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024