Jadi Tersangka KPK, Bupati Bengkayang Mengundurkan Diri

Bupati Bengkayang Suryadman Gidot (tengah) ditahan KPK.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Bupati Bengkayang Suryadman Gidot usai ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 4 September 2019 akhirnya mengundurkan diri. Dia terjaring operasi tangkap tangan yang dilakukan oleh KPK. Beredar surat yang ditujukan kepada Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang bahwa Suryadman Gidot mengundurkan diri sebagai Bupati Bengkayang.

Anak Buah SYL Dapat Perintah Siapkan Uang 4.000 Dolar Hasil Palak Pejabat Kementan, Untuk Apa?

Kabag Humas Pemkab Bengkayang Tomi ketika dikonfirmasi oleh VIVAnews via telepon pada Minggu, 8 September 2019, membenarkan adanya surat pengunduran diri dari Bupati Bengkayang Suryadman Gidot.

"Ya surat yang beredar di masyarakat, kalau Pak Bupati Suryadman Gidot mengundurkan diri sebagai Bupati itu benar," ujar Tomi.

Terkuak, 2 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah Adalah Bos Sriwijaya Air

“Setelah ditangkap oleh KPK, roda pemerintahan di Kabupaten Bengkayang berjalan seperti biasanya. Untuk sementara pejabat sementara Bupati Bengkayang dipimpin oleh pak wakil bupati," kata dia.

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi membenarkan operasi tangkap tangan di Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa sore, 3 September 2019. Yang diciduk adalah Bupati Bengkayang, Kalbar, berinisial SG. Dia juga diketahui sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar.

Jawaban Menohok Kejagung soal Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

"Benar, ada kegiatan di Kalimantan," kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, saat dikonfirmasi awak media di kantornya, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa malam, 3 September 2019 lalu.

Selain Bupati, informasi diterima awak media, tim satgas KPK juga mengamankan dua orang lainnya yakni Sekda Kabupaten Bengkayang dan Kepala PUPR Bengkayang.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng

KPK Segera Eksekusi Bupati Mimika Omaleng Usai Vonis Bebasnya Dianulir MA

Mahkamah Agung (MA) telah mengirimkan putusan petikan kasasi Bupati Mimika Eltinus Omaleng kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024